You are currently viewing Pasilog Kodim Grobogan Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan

Pasilog Kodim Grobogan Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan

  • Post author:
  • Post category:Grobogan

Grobogan, Nenemonews.com (Jawa Tengah) – Komandan Kodim 0717/Grobogan Letkol Arh Muda Setyawan S.I.P., M.I.P yang diwakili Pasilog Kapten Arh Busono memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November di Lapangan Apel Makodim jl. Suhada no. 2 Purwodadi Kabupaten Grobogan.

Jumat(10/11/2023).
Upacara peringatan Hari Pahlawan ke-78 Tahun 2023 yang mengangkat tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan” ini. Dihadiri seluruh anggota Makodim baik prajurit maupun PNS. Tampil sebagai Komandan Upacara, Kapten Cba Sugeng Santoso, dan Perwira Upacara, Kapten Czi Agus Munarwanto.

Rangkaian upacara diawali dengan pengibaran bendera Merah Putih, mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila, pembukaan UUD 1945, pembacaan pesan-pesan pahlawan, dan diakhiri dengan amanat inspektur upacara.

Dalam amanat Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini dikatakan, melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata. Mengingat kita merupakan pasar yang besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral.

“Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan Bangsa dan Negara. Ancaman dan tantangan ini akan kita taklukkan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945. Tidak mudah memang, tapi pasti bisa. Karena Pahlawan Bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan,” terangnya.

Ditambahkan, Pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara di atas kepentingan kelompok atau diri sendiri.

Para Pahlawan telah mengajarkan kepada kita bahwa, kita bukan bangsa pecundang. Kita tidak akan pernah rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan tantangan akan kita hadapi. Dengan tangan mengepal dan dada menggelora.

Selamat Hari Pahlawan tahun 2023. Marilah kita panjatkan doa bagi para Pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Kegiatan upacara dilaksanakan dalam keadaan aman dan penuh kekhitmatan.

Laporan : Heru Budianto

Loading