You are currently viewing Ciptakan Generasi Penerus Berkarakter, Anggota Koramil Jiwan Berikan Materi Wasbang

Ciptakan Generasi Penerus Berkarakter, Anggota Koramil Jiwan Berikan Materi Wasbang

Madiun, Nenemonews – Pembinaan Mental dan Karakter (PMK) merupakan upaya untuk menumbuhkan dan membekali generasi penerus, khususnya siswa-siswi kelas sepuluh SMK Negeri 2 Jiwan. Agar memiliki bekal karakter, keterampilan literasi yang baik dan memiliki kompetensi unggul yang mampu berpikir kritis, analitis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif.

“Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan PMK adalah untuk membangun dan membekali peserta didik sebagai generasi emas Indonesia Tahun 2045 dengan jiwa Pancasila dan pendidikan karakter yang baik,” kata Serka Suwono, Anggota Koramil 04/Jiwan saat memberikan materi wawasan kebangsaan kepada siswa SMKN 2 Jiwan, Rabu (23/8/2023).

Lebih dari itu, lanjutnya, pembinaan mental dan karakter dimaksudkan agar generasi muda mampu menghadapi dinamika perubahan di masa depan. Menurutnya, pendidikan tidak hanya sekedar menghasilkan generasi yang cerdas, namun juga generasi yang berkarakter baik.

“Kita perlu menanamkan nilai-nilai etika yang kuat, seperti integritas, tanggung jawab, kerja keras, disiplin, dan saling menghormati,” terangnya.

Dalam pembinaan mental dan karakter ini para siswa juga diajarkan untuk berempati terhadap orang lain, memahami perspektif orang lain, dan bekerja sama dalam kerangka kerja tim.

“Siswa juga mendaoat bimbingan tentang kepemimpinan, dimana mereka diberikan kesempatan untuk mengambil peran kepemimpinan dalam kegiatan sekolah, seperti menjadi ketua kelas, anggota OSIS, atau pemimpin proyek dalam tugas bersama di sekolah,” tandasnya.

Dengan mengikuti pembinaan mental dan Kmkarakter (PMK), diharapkan siswa mampu bekerja dalam tim, menghadapi tantangan nyata, dan mengembangkan keterampilan seperti kerja sama, pemecahan masalah, dan kreativitas. Hal ini tentunya dapat memperkuat karakter siswa melalui pengalaman langsung.(Andik)

Loading