You are currently viewing Perbedaan Harga Seragam di Koperasi Sekolah dengan di Pasar Ngawi

Perbedaan Harga Seragam di Koperasi Sekolah dengan di Pasar Ngawi

Ngawi, Nenemonews (Jatim) – Perbedaan jenis dan harga kain seragam dari koperasi sekolah SMAN 2 Ngawi dengan pasar sangat signifikan. Mendasar pada kualitas serta merk produksi.

Kain seragam sekolah yang beredar di wilayah Kabupaten Ngawi saat ini banyak yang dijual di koperasi sekolah.

Kepala Sekolah SMAN 2 Ngawi Makmun Fatoni kepada Nenemonews menjelaskan, harga 7 stel kain seragam sekolah SMAN 2 Ngawi senilai Rp1.850.000,00, mencakup 5 stel seragam harian, 1 seragam olahraga dan 1 stel seragam kesamaptaan beserta atribut.

“Harga seragam Rp1.850.000,00, ada 7 stel, diantaranya 5 stel seragam harian, 1 stel seragam olahraga, 1 stel seragam kesamaptaan dan atribut, seragam kesamaptaan karena SMAN 2 Ngawi menuju Sekolah Taruna” kata Makmum Fatoni, Sabtu (29/7/2023)

Merujuk nilai harga, berbeda dengan di pasaran. Menurut Suwarsi, penjual kain seragam di Pasar Besar Ngawi menjelaskan harga per stel seragam hanya bekisar Rp105.0000,00.

Harga kain yang sejenis dari koperasi sekolah. Hal tersebut berdasarkan beberapa kali orang tua yang membeli untuk tambahan.

“Harga kain seragam per stel hanya Rp105.000,00, itu per meter Rp35.000,00. Untuk satu stel membutuhkan 3 meter kain. Itu merk Oxford dan Hero, harga tersebut sesuai dengan contoh kain yang dibawa beberapa pembeli untuk tambahan seragam sekolah di Ngawi,” terang Suwarsi.

Lebih lanjut, menurut pedagang kain yang sudah puluhan tahun menjual aneka tekstil ini menambahkan, “kualitas dan mutu kain sama dengan dari koperasi sekolah, untuk merek Nagata kualitas paling bagus kami menjual seharga Rp 60.000,00 per meter,” imbuhnya

Hal yang sama juga di sampaikan Gufron penjahit pakaian di wilayah kota Ngawi. Menurutnya selama beberapa tahun terakhir jenis kain seragam yang di jahit sama dan tidak ada merknya.

“Jenis kain seragam sekolah yang saya jahit dari berapa tahun terakhir sama dengan tahun-tahun sebelumnya, jenis ini kalau di pasaran setara dengan merk Oxford dan Hero. Kain seragam sekolah ini tidak ada merknya. Banyak konsumen saya yang bingung bila bahan kurang, cari di pasaran tidak ada yang warnanya sama,” jelas Gufron. (Yan)

Loading