You are currently viewing Wujud Komitmen Meningkatkan Kualitas Fasilitas dan Pelayanan Kesehatan, Presiden Joko Widodo Didampingi Pj. Gubernur Lampung Tinjau RSUD Dr. H. Bob Bazar

Wujud Komitmen Meningkatkan Kualitas Fasilitas dan Pelayanan Kesehatan, Presiden Joko Widodo Didampingi Pj. Gubernur Lampung Tinjau RSUD Dr. H. Bob Bazar

Lampung Selatan, Nenemonews (Lampung) – Presiden Joko Widodo didampingi oleh Pj. Gubernur Lampung Samsudin melakukan kunjungan kerja ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. H. Bob Bazar, SKM, di Kabupaten Lampung Selatan, Kamis (11/07/2024).

Menurut Pj Gubernur, kunjungan Presiden ke RSUD Dr. H. Bob Bazar, SKM bertujuan untuk meninjau fasilitas serta pelayanan kesehatan yang diberikan oleh rumah sakit kepada masyarakat, khususnya peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Dalam pertemuan tersebut, Direktur RSUD Dr. H. Bob Bazar, Reny Indrayani, menjelaskan bahwa rumah sakit tipe C ini menyediakan berbagai pelayanan medis, termasuk 26 dokter spesialis. Namun, rumah sakit masih membutuhkan kehadiran spesialis tambahan seperti dokter jantung, dokter saraf intervensi, dan dokter kanker.

“Kami sangat memerlukan tambahan spesialis di bidang-bidang tersebut untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan di sini,” ujar Reny Indrayani.

Reny juga mengungkapkan harapannya agar pemerintah dapat menambah fasilitas di RSUD tersebut. Rumah sakit ini mengalami keterbatasan kapasitas, di mana jumlah pasien rawat inap per bulan mencapai sekitar 400-500 orang, sementara tempat tidur yang tersedia hanya 250. Hal ini menyebabkan rumah sakit sering mengalami over kapasitas.

“Dengan adanya tambahan fasilitas dan ruangan perawatan, kami berharap bisa lebih optimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tambah Reny.

Selama kunjungan, beberapa pasien RSUD juga menyampaikan apresiasi mereka terhadap pelayanan BPJS. Syahrani, salah satu pasien, mengungkapkan rasa terima kasihnya. “Alhamdulillah, pelayanan BPJS sangat membantu kami,” kata Syahrani, yang telah berobat di RSUD tersebut sejak 2016.

Hal yang sama disampaikan oleh Ruslinawati yang juga mengungkapkan kepuasan terhadap pelayanan yang diterima. Namun, ia berharap adanya penambahan peralatan dan fasilitas kesehatan di rumah sakit agar tidak perlu lagi melakukan perjalanan jauh ke Bandar Lampung untuk penanganan penyakit berat.

“Pelayanan di sini cukup bagus, tetapi alat-alat kesehatan perlu ditingkatkan. Untuk penyakit berat seperti jantung, kami harus pergi ke Bandar Lampung, yang cukup jauh dan memakan waktu,” ungkap Ruslinawati.

Kunjungan Presiden Jokowi ini menegaskan komitmen pemerintah dalam meningkatkan kualitas fasilitas dan pelayanan kesehatan di Indonesia, khususnya di rumah-rumah sakit daerah. Turut mendampingi Presiden dalam kunjungan ini adalah Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Pj. Gubernur Lampung Samsudin, serta Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung).

Loading