You are currently viewing Masyarakat Agandugume Antusias dan Haru Menyambut Misi Kemanusiaan TNI

Masyarakat Agandugume Antusias dan Haru Menyambut Misi Kemanusiaan TNI

Agandugume, Nenemonews (Papua) – Kini harapan masyarakat Agandugume akan terwujud dengan kehadiran misi kemanusiaan dari TNI untuk membangun Gudang Logistik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang selama ini setiap tahunnya selalu dilanda bencana kelaparan akibat cuaca ekstrim yaitu musibah embun upas (Embun Beku) yang merusak tanaman pertanian, Jumat (5/7/2024).

Seperti diungkapkan Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih Letkol Inf Candra Kurniawan bahwa TNI dari Yonif 751/VJS telah berhasil mengamankan dan menguasai Bandara Agandugume, Kab.Puncak, Prov. Papua Tengah, Jumat (5/7/2024) yang selama ini dikuasai oleh gerombolan OPM dengan melakukan pemalangan.

Misi kemanusiaan TNI ini disambut antusias oleh masyarakat Agandugume dengan penuh haru menyambut kedatangan Prajurit Yonif 751/VJS karena selama ini mendapat ancaman dan teror dari OPM, bahkan tidak terdukung logistik kebutuhan pokok untuk kebutuhan sehari-hari karena Bandara dikuasai OPM dengan melakukan pemalangan yang mengakibatkan Bandara Agandugume tidak berfungsi/beroperasi.

“Masyarakat langsung ramai-ramai melepas dan membersihkan lintasan bandara dari patok-patok dan bongkahan batu yang selama ini dipasang oleh OPM,” jelas Kapendam.

Selain pembangunan gudang logistik BNPB segera dibangun, Kapendam mengatakan bahwa TNI dan Pemerintah juga akan mengembangkan komoditi-komoditi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, termasuk juga sumber air bersih untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari masyarakat guna keberlangsungan pembangunan yang berkelanjutan mendukung pemulihan ekonomi lokal.

“Dengan adanya misi kemanusiaan ini diharapkan tidak ada lagi kelaparan yang melanda Agandugume akibat cuaca ekstrim yang merusak tanaman pertanian. Semua ini telah sesuai dengan Instruksi Bapak Presiden Republik Indonesia agar masyarakat terhindar dari bencana kelaparan,” ungkap Kapendam.

Sementara Danyonif 751/VJS Letkol Inf Erwan Herliantoro menyampaikan bahwa keberhasilan Satgas Yonif 751/VJS dalam misi kemanusiaan ini menjadi bukti nyata dari komitmen TNI dalam mendukung pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Papua.

“Dengan terjaminnya keamanan, saya harapkan proses pembangunan gudang logistik akan berjalan lancar dan memberi dampak positif yang besar bagi kemajuan wilayah tersebut”, ungkap Letkol Inf Erwan.(Pen751)

Loading