You are currently viewing Ikuti Safari Ramadhan di Pondok Pesantren Al Huda, Dandim Madiun Singgung Hal Ini

Ikuti Safari Ramadhan di Pondok Pesantren Al Huda, Dandim Madiun Singgung Hal Ini

Madiun – Dandim 0803/Madiun Letkol Inf Meina Helmi mengikuti kegiatan safari Ramadhan di Pondok Pesantren Al Huda, Desa Kebonsari, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, pada Jum’at (22/3/2024) malam. Kegiatan ini dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Madiun.

Safari Ramadhan merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Forkopimda Kabupaten Madiun dalam rangka menjalin silaturahmi dengan masyarakat dan meningkatkan keimanan di bulan Ramadhan.

Pada kesempatan itu, Dandim juga mengajak masyarakat untuk memperkuat pertanian guna menghadapi ancaman dampak El Nino, salah satunya dengan mengoptimasi lahan tidur di wilayah Kabupaten Madiun. Hal ini disampaikannya terkait Nota Kesepakatan (MoU) antara TNI dan Kementerian Pertanian (Kementan) tentang Dukungan Pelaksanaan Pembangunan Pertanian.

Dandim menyampaikan, untuk mengatasi krisis pangan dan dampak El Nino, pemerintah telah melakukan berbagai upaya, seperti membangun waduk, embung, dan jaringan irigasi. Selain itu, pemerintah juga memberikan bantuan benih dan pupuk kepada petani.

“Masyarakat juga dapat berperan dalam mengatasi dampak El Nino dengan melakukan ketahanan pangan. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk ditanami tanaman pangan,” kata Dandim.

Lebih lanjut Letkol Helmi menjelaskan, TNI memiliki peran penting dalam mendukung program ketahanan pangan. Salah satu wujudnya adalah dengan mengoptimalkan lahan tidur milik TNI untuk dijadikan lahan pertanian.

“TNI memiliki peran penting dalam mendukung program ketahanan pangan nasional. Hal ini tertuang dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara. Dalam undang-undang tersebut, disebutkan bahwa salah satu tugas TNI adalah membantu pemerintah dalam menanggulangi bencana alam, termasuk bencana kekeringan yang dapat berakibat pada krisis pangan.” jelasnya.

Dandim meyakini, dengan kerjasama dan sinergi dari semua pihak, ketahanan pangan nasional dapat terwujud dan Indonesia dapat terhindar dari krisis pangan.

Kegiatan safari Ramadhan di Pondok Pesantren Al Huda ini diakhiri dengan penyerahan bantuan secara simbolis kepada masyarakat kurang mampu oleh Forkopimda Kabupaten Madiun.(Andik)

Loading