You are currently viewing Semangat Kepemimpinan: Dandim 0806/Trenggalek Berkolaborasi dalam Pembukaan Perkemahan Saka Wira Kartika

Semangat Kepemimpinan: Dandim 0806/Trenggalek Berkolaborasi dalam Pembukaan Perkemahan Saka Wira Kartika

Trenggalek, Nenemonews – Hari Sabtu, 3 Februari 2024, menjadi momen bersejarah ketika Dandim 0806/Trenggalek Letkol Czi Yudo Aji Susanto, S.Sos., M.A., bersama-sama dengan ribuan generasi muda, menyaksikan pembukaan megah Perkemahan Saka Wira Kartika Terpusat Tingkat Kodam TA. 2024 di Bumi Perkemahan Coban Talun, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur.

Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Rafael Granada Baay, saat membacakan amanat dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M. Sc., tidak sekadar menyoroti peningkatan pengetahuan tentang Kepramukaan, melainkan memberikan panggilan kepada seluruh peserta untuk meningkatkan kesadaran akan lingkungan. Ini bukan hanya sebuah tanggung jawab moral, tetapi juga upaya pewarisan nilai-nilai mulia seperti kejujuran, tanggung jawab, dan disiplin.

Pembinaan Kepramukaan Saka Wira Kartika oleh TNI AD bukan sekadar kewajiban moral, melainkan panggilan jiwa untuk membentuk generasi muda yang kokoh dengan karakter dan wawasan kebangsaan. Tujuannya untuk menciptakan generasi yang tidak hanya kompeten tetapi juga berkomitmen pada nilai-nilai luhur Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Kegiatan Persami bukanlah sekadar petualangan semata. Lebih dari itu, kegiatan ini dirancang untuk menanamkan nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, disiplin, dan kepedulian terhadap lingkungan dan alam sekitar. Dalam kerangka ini, Kasad mendorong peserta untuk bersama-sama merestorasi fungsi hutan sebagai paru-paru dunia, membangun kembali habitat alam, dan bersatu dalam mencegah pemanasan global.

Tema “Bersatu Dengan Alam: Rehabilitasi Kawasan Hutan dan Lahan Basah” membawa makna mendalam dalam kegiatan ini. Tema ini sejalan dengan poin kedua Dasa Dharma Pramuka, yaitu “Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia.” Keselarasan tema ini dengan nilai-nilai Pramuka mencerminkan komitmen para pemuda untuk tidak hanya mencintai alam, tetapi juga peduli dan menyayangi sesama manusia.

Di akhir amanatnya, Kepala Staf Angkatan Darat memberikan pesan mendalam kepada para Pramuka muda. Ilmu yang diperoleh diharapkan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, membentuk generasi muda yang disiplin, mandiri, bersemangat bela negara, dan penuh rasa peduli serta tanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan alam sekitar.

Perkemahan Saka Wira Kartika tidak sekadar tentang kepramukaan, melainkan tentang membentuk karakter pemuda yang akan memimpin Indonesia menuju masa depan yang lebih baik. Letkol Czi Yudo Aji Susanto, S.Sos., M.A., telah memberikan kontribusi positif melalui kehadirannya dalam kegiatan ini, membawa semangat dan inspirasi bagi generasi muda untuk berperan aktif dalam pembangunan bangsa dan menjaga kelestarian alam.(feri)

Loading