You are currently viewing Kodim 0801/Pacitan Mengikuti Acara Malam Penghargaan Kasad Kampung Pancasila Melalui Vidcom

Kodim 0801/Pacitan Mengikuti Acara Malam Penghargaan Kasad Kampung Pancasila Melalui Vidcom

Pacitan, Nenemonews – Kodim 0801/Pacitan mengikuti acara Malam Penghargaan Kasad Kampung Pancasila bersama Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. melalui Vidcon, yang berlangsung di Ruang Data Makodim Jl. Letjen Suprapto, No. 42 Pacitan, Jumat (08/12/2023) Malam.

Kegiatan nonton bareng secara live tersebut, dipimpin oleh Dandim 0801/Pacitan Letkol Inf Roliyanto S.I.P., M.I.P, serta diikuti Perwira Staf, Danramil jajaran juga perwakilan Babinsa dari masing-masing Koramil.

Indonesia negara kepulauan yang lahir dari perjuangan sebelum akhirnya menjadi negara merdeka dari penjajahan. Para tokoh bangsa menyusun sebuah rumusan untuk menjadikan dasar negara yang tidak dapat di ganggu gugat.

Melalui sidang penyelidik badan usaha-usaha kemerdekaan Indonesia pada tanggal 1 Juni 1945 lahirlah Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia. Pancasila sebagai ideologi tidak bersifat kaku dan tertutup namun bersifat terbuka.

Keterbukaan nilai-nilai Pancasila bukan berarti mengubah nilai-nilai dasar itu sendiri, melainkan kemampuan yang lebih tajam untuk memecahkan masalah-masalah bangsa secara aktual, baik di masa lampau maupun masa kini.

Eksistensi nilai-nilai Pancasila terus digaungkan hingga kini, agar tidak hanya menjadi sekedar slogan semata, karena dengan berpancasila berarti dapat mengimplementasikan sila-silanya.

Berdasarkan hal tersebut, dibentuklah kampung Pancasila. Kampung Pancasila adalah sebuah inisiatif yang bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan masyarakat di tingkat Desa maupun wulayah-wilayah tertentu.

Sementara itu dikatakan Dandim 0801/Pacitan usai mengikuti acara itu, bahwa tujuan utama diselenggarakan program Kampung Pancasila adalah untuk mempererat persatuan dan kerukunan diantara masyarakat yang beragam termasuk perbedaan agama, suku, ras dan golongan.

“Program ini sangat luar biasa, selain untuk memberikan apresiasi kepada Desa ataupun wilayah Kampung Pancasila, juga menciptakan kehidupan yang lebih harmonis dan damai dengan nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup yang menjadi landasan bersama”, ujarnya kepada awak media.

Ia juga menjelaskan, TNI AD di dukung oleh PT Astra Internasional TBK dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI menginisiasi kegiatan penghargaan Kasad Kampung Pancasila 2023 dengan Tema, “Kampung Pancasila Sebagai Wadah Kebhinekaan Dan Toleransi.

“Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memelihara persatuan dan kesatuan bangsa serta mendorong tumbuhnya kerukunan diantara masyarakat. Kegiatan ini juga sebagai bentuk apresiasi kepada pemenang lomba kampung Pancasila yang telah berhasil menjaga dan menerapkan nilai-nilai Pancasila di wilayahnya”, ungkapnya.

Diharapkan dengan kegiatan penghargaan ini dapat terus memotivasi masyarakat untuk menjaga nilai-nilai Pancasila di era teknologi komunikasi yang semakin masif dan menjadikan Pancasila sebagai alat pemersatu bangsa.(pr)

Loading