You are currently viewing Puncak Peringatan HUT TNI Ke-78, Kodim 0801/Pacitan Turut Lestarikan Seni Budaya Bangsa

Puncak Peringatan HUT TNI Ke-78, Kodim 0801/Pacitan Turut Lestarikan Seni Budaya Bangsa

Paciran, Nenemonews – Dalam rangka memperingati HUT TNI Ke.78, Kodim 0801/Pacitan mengadakan pagelaran wayang kulit yang berlangsung di Alun-Alun Kab. Pacitan, Jl. Sugiyo Pranoto No. 01 Pacitan, Jumat (06/10/2023).

Pagelaran wayang kulit semalam suntuk kali ini menghadirkan dalang Ki Supinardi Utomo asal Kab. Pacitan yang akan membawakan lakon Bimo Krido, sekaligus dihadiri jajaran Forkopimda dan masyarakat Kab. Pacitan.

Lakon Bimo Krido mengisahkan tentang usaha para Kurawa dalam mempertahankan Negara Astinapura. Karena tidak tercapai perdamaian, sehingga terjadi perang antara Kurawa dengan Bima dan Kresna. Hingga akhirnya, Batara Guru harus turun tangan dan ikut dalam peperangan.

Dandim 0801/Pacitan Letkol Inf Roliyanto S.I.P.,M.I.P, menyebutkan, bahwa pagelaran wayang kulit ini digelar selain untuk memperingati HUT TNI Ke-78, juga demi membangun harmoni kehidupan dalam berbangsa dan bernegara serta melestarikan nilai-nilai seni budaya.

“Acara ini terbuka untuk umum siapa saja boleh menyaksikan. Semoga dengan adanya pagelaran wayang kulit ini, seluruh masyarakat Kab. Pacitan dapat terhibur. Mari kita jaga dan pelihara budaya bangsa agar tetap lestari”, kata Dandim saat memberikan sambutannya.

Lebih lanjut Ia jelaskan, bahwa malam ini pagelaran wayang kulit secara serentak dilaksanakan di 78 lokasi baik di dalam maupun luar negeri. Adapun yang diluar negeri yakni Amerika Serikat, Suriname dan Malaysia.

“Pagelaran wayang kulit kali ini tidak hanya di Pacitan saja, namun tersebar dari Sabang sampai Merauke. Sebelumnya, berbagai kegiatan untuk memperingati HUT TNI Ke-78 juga telah kita laksanakan, baik upacara maupun bhakti sosial, dan puncaknya hari ini pagelaran wayang kulit”, ujarnya.

Dandim berharap, melalui momen HUT TNI yang Ke-78 kali ini, kedepan TNI semakin solid dalam mengabdikan diri menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia agar tetap berdiri tegak dan kokoh.

“Terimakasih banyak atas support maupun dukungannya, sehingga pagelaran wayang kulit terlaksana dengan meriah. Semoga kedepan TNI semakin solid, bisa manunggal bersama rakyat, demi terwujudnya bangsa yang maju, aman, tentram dan sejahtera”, ungkapnya.