You are currently viewing Hadiri BST, Dandim Madiun Berharap Ekonomi Masyarakat Meningkat

Hadiri BST, Dandim Madiun Berharap Ekonomi Masyarakat Meningkat

Madiun, Nenemonews – Komandan Kodim 0803/Madiun Letkol Inf Meina Helmi menghadiri kegiatan Bakti Sosial Terpadu (BST) yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun. Kali ini kegiatan tersebut menyasar Desa Palur, Kecamatan Kebonsari pada Selasa (5/9/2023).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Bupati Madiun Ahmad Dawami tersebut juga dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Madiun dan jajaran.

Komandan Kodim 0803/Madiun Letkol Inf Meina Helmi, yang hadir dalam kegiatan BST mengatakan, Eksistensi TNI, pada dasarnya memiliki tanggungjawab lain selain perang, maka peranan TNI menjadi sangat penting dalam proses pembangunan bangsa dan negara.

“Keamanan harus menjadi modal utama untuk suatu daerah dapat maju, dimana sinergitas yang terjalin dengan semua pihak akan mampu menciptakan suasana yang aman dan damai yang pada akhirnya dapat mendorong perekonomian untuk lebih maju,” kata Dandim saat menghadiri kegiatan BST di Desa Palur, Selasa (5/9/2023).

Bupati Madiun Ahmad Dawami dalam sambutannya menyatakan, selain untuk mendorong percepatan pembangunan desa, kegiatan BST juga merupakan salah satu upaya pemerintah daerah melestarikan dan memupuk jiwa gotong royong masyarakat lewat kehadiran pemerintah di tengah warga yang membutuhkan.

“Dalam BST ada kegiatan kerja bakti, bagaimana kita tetap menjaga kegotongroyongan di Palur ini. Kita Pemkab Madiun, datang ke sini untuk menyemangati bahwa kegotongroyongan itu sesuatu yang harus djaga,” ujar Bupati Ahmad Dawami di sela kegiatan.

Bupati ingin, dengan kegiatan BST tersebut, diharapkan kesejahteraan warga desa sasaran meningkat karena semua kebutuhannya terlayani.

Diketahui, banyak kegiatan yang dilakukan di BST Desa Palur. Seperti, rehab Masjid Sofanul Huda dan Mushola Bustanul Solikin, perbaikan ruas jalan dan infrastruktur desa, bantuan kepada penyandang disabilitas dan anak yatim, bantuan modal kepada pelaku UMKM, layanan kesehatan, layanan perizinan, kependudukan, dan peresmian ruang terbuka keluarga.

Selain itu, dalam BST juga ada forum serap aspirasi masyarakat melalui kegiatan sarasehan antara warga Palur dengan jajaran Forkopimda Kabupaten Madiun.

Tak ketinggalan, Bakti Sosial Terpadu juga sebagai ajang untuk mendongkrak pemulihan perekonomian di desa sasaran. Terdapat pasar rakyat dalam kegiatan tersebut yang menyajikan aneka produk unggulan UMKM warga setempat.

Pemkab Madiun terus mendorong pengembangan UMKM warga, di antaranya dengan memberikan ajang kegiatan seperti BST, pameran, festival, serta mempermudah perizinan.

Masyarakat Desa Palur sangat antusias dengan kegiatan BST yang digelar tersebut. Mereka merasa senang dan terbantu dengan upaya pemerintah daerah bersama jajaran yang menghadirkan aneka layanan publik selama seharian ke desa tersebut.(Andik)

Loading