You are currently viewing Babinsa Koramil 0801/04 Tegalombo Hadiri Pertemuan Lintas Sektoral

Babinsa Koramil 0801/04 Tegalombo Hadiri Pertemuan Lintas Sektoral

Pacitan, Nenemonews – Demi meningkatkan kualitas layanan kesehatan kepada masyarakat, Serma Mujiono Babinsa Koramil 0801/04 Kodim 0801/Pacitan menghadiri pertemuan lintas program dan lintas sektoral bidang kesehatan, bertempat di Puskesmas Tegalombo, Kec. Tegalombo, Kab. Pacitan, Rabu (30/08/2023).

Ada beberapa pokok pembahasan dalam pertemuan tersebut, salah satunya terkait penyakit diare, serta bagaimana penangananya, karena juga erat kaitannya dengan stunting.

Berdasarkan penelitian sebelumnya, 1 dari 2 anak diare disebabkan karena infeksi Rotavirus yang berasal dari makanan, yang penanganannya dapat dicegah dengan melakukan Imunisasi Rotavirus secara gratis.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Tegalombo dr. Rosyid menyampaikan, bahwa penyakit Diare hingga saat ini masih menjadi permasalah serius bidang kesehatan di Indonesia bahkan Dunia. Selain menyebabkan kesakitan dan kematian, penyakit diare dinilai juga dapat menghambat tumbuh kembang seorang anak.

“Hampir semua anak rata-rata berusia 5 tahun di seluruh dunia pernah terinfeksi diare dengan gejala ringan maupun berat, dan hal ini disebabkan oleh Rotavirus”, kata Kepala Puskesmas saat memberikan sosialisasi dalam forum pertemuan.

Lebih dari itu, ia juga menjelaskan jika terinfeksi Diare akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak, dimana zat mikro yang dibutuhkan oleh anak akan hilang dan nilai gizi pada tubuh anak pun akan berkurang, sehingga menyebabkan stunting.

“Oleh karena itu, WHO merekomendasikan penggunaan vaksin anak Rotavirus dalam program imunisasi di seluruh dunia. Tanpa penanganan yang tepat, terutama bila tak pernah mendapat imunisasi anak dengan vaksin Rotavirus, ada kemungkinan infeksi ini berujung fatal”, ujarnya.

Kemudian, Babinsa Koramil 0801/04 menambahkan, bahwa pertemuan lintas program dan sektor ini bertujuan untuk berkomitmen menjalin komunikasi, koordinasi serta menjaring aspirasi maupun masukan, demi meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih baik serta memberikan pemahaman kepada Masyarakat tentang pentingnya kesehatan. 

“Melalui pertemuan ini, diharapkan kita dapat mengevaluasi berbagai pencapaian program yang telah dilaksanakan oleh Puskesmas selama ini, demi memberikan kualitas pelayanan kesehatan yang terukur serta memberdayakan hidup sehat bagi masyarakat untuk lebih baik lagi kedepannya”, ungkapnya.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut diantaranya, Camat Tegalombo (diwakili Sekcam Bpk Edy), Kapolsek Tegalombo (diwakili Aipda Arifin), Babinsa Koramil 0801/04 Tegalombo (Serma Mujiono), Kepala Puskesmas Tegalombo (dr. Rosyid), Kepala Desa Se wilayah Puskesmas Tegalombo, anggota Puskesmas Tegalombo, serta Kader Posyandu Se wilayah Puskesmas Tegalombo.(pr)

Loading