You are currently viewing Babinsa Dampingi Pelayanan Posyandu Bagi Lansia

Babinsa Dampingi Pelayanan Posyandu Bagi Lansia

Madiun, Nenemonews – Posyandu lansia memiliki peran penting untuk memberikan pelayanan kesehatan dan pembinaan kepada kelompok usia lanjut di suatu wilayah. Dengan melibatkan peran serta aktif masyarakat melalui kader kesehatan, kerjasama lintas program dan lintas sektor dalam rangka untuk meningkatkan status kesehatan kususnya kelompok usia lanjut.

Selain memberikan pelayanan kesehatan, unit pelayanan terkecil ini juga akan memfasilitasi berbagai kegiatan non-medis agar lansia memiliki wadah untuk berkarya dan berkegiatan.

Terkait hal itu Babinsa Desa Dimong Kodim 0803/Madiun Serka Sudarmanto bersama petugas dari Dinas Kesehatan dan Bidan Desa secara rutin melaksanakan pengecekan kesehatan bagi lansia melalui posyandu di Desa tersebut.

“Kegiatan Posyandu lansia sendiri menyediakan layanan kesehatan, pemberian makan tambahan (PMT), kegiatan olahraga posyandu lansia dan kegiatan non kesehatan seperti, kegiatan kerohanian, kegiatan ekonomi produktif seperti berjualan dan berkebun,” kata Serka Sudarmanto disela kegiatannya mendampingi kegiatan Posyandu, Minggu (27/8/2023).

Lebih dari itu, lanjutnya, posyandu lansia juga menyediakan layanan kesehatan dasar, terutama yang bersifat preventif dan promotif untuk warga berusia lanjut.

“Dengan adanya Posyandu lansia, kualitas hidup lansia di daerah diharapkan bisa meningkat dan lansia pun bisa hidup lebih tenang dan bahagia,” imbuhnya.

Diketahui, Posyandu lansia juga sering melakukan kegiatan untuk meningkatkan interaksi sosial dan menjadikan Posyandu lansia sebagai wadah bagi para lansia untuk berkegiatan.(Andik)

Loading