You are currently viewing Sharing Session “Career In 3D Animation Production”, Prodi DKV IIB Darmajaya Hadirkan Brown Bags Film Bali

Sharing Session “Career In 3D Animation Production”, Prodi DKV IIB Darmajaya Hadirkan Brown Bags Film Bali

BANDAR LAMPUNG, Nenemonews – Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggelar Sharing Session Career In 3D Animation Production bersama Brown Bags Film Bali melalui platform zoom pada Jumat, (28/7/23).

Adapun narasumber Sharing Session Operational Manager Brown Bags Film Bali, Anintyas Wening Ambarwaty, S.E., M.B.A. Kegiatan diikuti para tenaga pengajar dan mahasiswa Prodi DKV IIB Darmajaya.

Dekan Fakultas Desain, Hukum, dan Pariwisata Dr. Handoyo Widi Nugroho, S.Kom., M.T.I., mengatakan alhamdulillah Prodi DKV tahun ini (2023) sudah memasuki tahun keempat dan siap untuk meluluskan mahasiswa. “Untuk periode berikutnya, karena memang dunia industri sekarang berkembang sangat cepat sekali maka kita harus mengikutinya untuk perkembangan itu. Tentunya dengan merumuskan kebutuhan yang diinginkan oleh stakeholder kedalam kurikulum kita,” ungkap dia seperti mengutip dari https://darmajaya.ac.id.

Kegiatan ini, lanjut dia, salah satu bagian dari untuk menyegarkan kembali agar dapat meningkatkan kualitas outcome. “Terima kasih atas kehadiran narasumber dari Bali Animasi Studio. Semoga juga dapat menambah wawasan dari mahasiswa dan menyempurnakan kurikulum Prodi DKV,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Anintyas Wening Ambarwaty mengucapkan terima kasih untuk diberikan kepercayaan memberikan sharing. “Besar harapan kami adik-adik sekalian dari IIB Darmajaya dan tenaga pengajar mendapatkan informasi lebih banyak dan kesempatan-kesempatan di industri animasi Indonesia dalam kegiatan ini,” ucapnya.

Menurut dia, komputer memiliki banyak bidang ilmunya begitu juga desain ataupun animasi. “Kami harapkan informasi yang diberikan ini mendapat pencerahan mengenai industri animasi,” ungkapnya.

Anin memaparkan mengenai Brown Bags Film Bali, salah satu studio 3D di Indonesia. “Kami hanya memproduksi 3D animasi. Kami memang fokusnya di 3D animasi,” ujarnya.

Ia juga mengenalkan perusahaannya yang kini dibawah naungan 9 Story Media Group dan beberapa project yang dikerjakan oleh Brown Bags Film Bali. “9 Story Media Group memiliki beberapa jaringan di negara lain seperti Dublin, Irlandia; Kanada; dan New York. Kini telah mempekerjakan hampir 300 orang di Brown Bags Film Bali,” bebernya.

Anin menjelaskan beberapa project yang familiar salah satunya petualangan si unyil dalam versi 3D. “Brown Bags Film Bali juga banyak mengerjakan project untuk animasi di Netflix dan channel tayangan berbayar lainnya,” tuturnya.

Tak hanya itu, Anin juga menerangkan Career Path In 3D Animation Production. Mulai dari junior, medium, senior, lead, supervisor hingga manager untuk jenjang yang akan dilalui. “Untuk yang terlibat dalam memproduksi animasi yaitu kepala produksi, asisten kepala produksi, produser, manager proyek, dan koordinator produksi,” urainya.

Anin berharap kepada mahasiswa dan Dosen Prodi DKV IIB Darmajaya dapat melihat dan mengunjungi Studio 3D animasi Brown Bags Film Bali. “Kita sangat terbuka untuk mahasiswa bila ingin melakukan magang ataupun praktik,” pungkasnya. (**)