You are currently viewing Jelang Puncak Latgab TNI 2023 Kogabwilhan II di Daerah Situbondo Memasuki Operasi Tempur

Jelang Puncak Latgab TNI 2023 Kogabwilhan II di Daerah Situbondo Memasuki Operasi Tempur

Banyuwangi, Nenemonews (Jatim) – Menjelang puncak Latihan Gabungan (Latgab) TNI 2023 Kogabwilhan II di daerah Situbondo hari memasuki operasi tempur. Dimana beberapa operasi tempur sudah dilaksanakan diantaranya penerjunan pada malam hari sekitar 01.00 WIB pada Sabtu (29/7/2023) oleh Satgasdukpasussgab (Satuan Tugas Dukungan Pasukan Khusus Gabungan) di wilayah Blimbingsari, Banyuwangi-Jawa Timur.

Pelaksanaan penerjunan oleh Satgasdukpassusgab berjalan mulus dan lancar tanpa ada insiden yang berarti. Disamping itu Operasi Ratmin (Pendaratan Administrasi) mulai melaksanakan embarkasi, Kogaslagab (Komando Tugas Latihan Gabungan) dan Tim Passus/Denjaka. Kegiatan selama Lintas Laut (Linla) dengan KRI Sultan Hasanuddin-366 melaksanakan Electronic beam installation (pembatasan pancaran gelombang elektronik) untuk menghindari pantauan musuh.

Pada operasi Opsdukpassus dilaksanakan infiltrasi (penyusupan) ke wilayah sasaran musuh dengan sasaran strategis Tower ATC (Air Traffic Controllel) komando lalu lintas udara di Depo Pertamina dan Gudang Logistik PT. INKA di Banyuwangi-Jatim. Kemudian ((Komando Tugas Latihan Gabungan) Kogaslagab sudah bergerak menuju Laut Bali untuk melaksanakan kegiatan yang sudah direncanakan.

Kesiapan dalam melaksanakan Latgab TNI disejumlah titik secara keseluruhan hampir rampung. Termasuk di Pusat Latihan Pertempuran (Puslatpur) Marinir -5 Banongan, Sitobondo. Tempat tersebut sebagai pendaratan Operasi Amfhibi dimana dimana kegiatan tersebut akan disaksikan langsung oleh para tamu kehormatan. Kemudian di titik peninjaun T.12 masih bagian dari Puslatpur Marinir- 5 sebagai tempat para tamu undangan untuk menyaksikan langsung bagaimana Latgab TNI tiga Matra ( TNI AD, TNI AL dan TNI AU) berbersinergi menghancurkan musuh.

Menjelang latihan puncak Latgab TNI dilaksanakan, penyelengara latihan Komando Pendidikan dan Latihan (Kodiklat) TNI melaksanakan rapat pengecekan kesiapan masing-masing Komando Tugas dipimpin langsung oleh Dankodiklat Letjen TNI Eko Margiyono pada Jumat (28/7/2023).

Kemudian malamnya dilanjutkan doa bersama untuk memohon kepada Allah SWT agar Latgab TNI 2023 dapat berjalan dengan lancar dan aman. Kegiatan tersebut juga mengundang sejumlah anak Yatim Piatu, Staf dan pendukung latihan kemudian diakhiri dengan pemotongan tumpeng oleh Dirlat Kodiklat Brigjen TNI Khairul Amri . Doa bersama diadakan di Masjid Jabal Aqsha Puslatpur Marinir-5 Baluran Sumberwaru Banyuputih, Situbondo.(Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Sus Aidil)

Loading