You are currently viewing JMSI Lampung  Siap Sambut Kunjungan Poros Wartawan Indonesia dan Vietnam

JMSI Lampung Siap Sambut Kunjungan Poros Wartawan Indonesia dan Vietnam

  • Post author:
  • Post category:JMSI

Bandar Lampung, Nenemonews – Provinsi Lampung menjadi pilihan utama kunjungan Poros Wartawan Indonesia dan Vietnam (IVJA). Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) menjadi partnership visitasi perdana poros wartawan yang didirikan di Jakarta pada 14 April 2023 lalu. 
IVJA dibentuk didirikan untuk memperkuat hubungan kedua negara di berbagai bidang. Terlebih Indonesia dan Vietnam merupakan dua negara sahabat di kawasan Asia Tenggara yang telah menjalin hubungan sejak lama, sejak era para pendiri bangsa masing-masing.
Dengan 103 juta jiwa penduduk dalam Vietnam memiliki catatan perekonomian yang baik. Pada 2022 Purchasing Power Parity (PPP) Vietnam sebesar 1,2 triliun dolar AS (ranking 25), dan Gross Domestic Product (GDP) sebesar 409 milir dolar AS (ranking 39).
Adapun Indonesia dengan penduduk sebanyak 270 juta jiwa memiliki catatan PPP sebesar 4,4 triliun dolar AS (ranking 7), dan GDP sebesar 1,3 triliun dolar AS (ranking 16).
Menurut Ketua Pengurus Daerah (Pengda) JMSI Provinsi Lampung Ahmad Novriwan disadari bahwa pengetahuan dan pemahaman masyarakat Indonesia dan Vietnam satu sama lain masih perlu ditingkatkan. Sementara potensi kedua negara ini yang saling melengkapi bila disatupadukan dapat menjadi variabel penting dalam pertumbuhan dan stabilitas kawasan.

“Untuk peningkatan pengetahuan dan pemahaman masyarakat kedua negara tersebut dibutuhkan peran yang lebih besar dari media massa dan kalangan wartawan karenanya didirikanlah IVJA,” ujar Kyai Anov — sapaan Ahmad Novriwan — pada Senin, 5 Juni 2023.
Selain itu, kunjungan Poros Wartawan Indonesia dan Vietnam Ini juga kesempatan istimewa bagi Provinsi Lampung.
“JMSI sebagai organisasi para pemilik media online dapat menyampaikan keunggulan komparatif Bumi Ruwa Jurai secara geografis, demografis, dan kekayaan alam, khusunya potensi destinasi wisata,” ucap Kyai Anov. 
Adapun visitasi persahabatan tersebut direncanakan pada 20-24 Juli 2023. Pada Kamis, 20 Juli 2023, rombongan berangkat dari Jakarta. Tiba di Lampung langsung audiensi dengan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan dialog dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Provinsi Lampung, dilanjutkan jamuan makan malam. 
Lalu, pada Jumat, 21 Juli 2023 audiensi dengan Pelaksana Bupati Tulang Bawang Barat. Setekahnya, Poros Wartawan Indonesia dan Vietnam akan melakukan Sightseeing Tour.
“Perjalanan wisata singkat melihat objek-objek wisata di Kabupaten Tulang Bawang Barat kita agendakan pada Jumat dan Sabtu. Para tamu akan kembali ke Jakarta pada Minggu. Kita berharap dari kunjungan tersebut dapat tersampaikan dan semakin meningkatkan pemahaman akan keunggulan Provinsi Lampung yang kita bamggakan ini,” tuturnya. (Jmsilampung)

Loading