You are currently viewing Babinsa Ngadirenggo: Penjaga Tradisi Adat Warisan Budaya Desa

Babinsa Ngadirenggo: Penjaga Tradisi Adat Warisan Budaya Desa

Trenggalek, Nenemonews – Babinsa Ngadirenggo, Sertu Edi Kuswanto anggota Koramil 0806/02 Pogalan jajaran Kodim 0806/Trenggalek, hadir sebagai pahlawan yang memelihara dan melindungi tradisi adat Desa Ngadirenggo. Pada kegiatan adat bersih desa, beliau bertugas sebagai penjaga keamanan dan kelancaran sepeda santai pada hari Minggu (04/06/2023). Bersama Babinsa, Desa Ngadirenggo memperingati dan merayakan tradisi berharga yang telah diwariskan turun temurun.

Dengan semangat dan dedikasi yang membara, Babinsa Ngadirenggo tak hanya menjalankan tugas pengamanan peserta sepeda santai, tetapi juga memperkuat kesadaran akan pentingnya melestarikan dan mempertahankan tradisi adat. Setiap langkah yang diambil oleh Babinsa merupakan bentuk menjaga harmoni antara masyarakat, pemerintah desa, dan TNI.

Sebagai anggota Koramil 0806/02 Pogalan, Babinsa Ngadirenggo telah dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjaga keamanan dalam kegiatan masyarakat. Dalam kegiatan sepeda santai tersebut, beliau mengatur arus lalu lintas, menjaga ketertiban, serta mencegah terjadinya kecelakaan. Babinsa Ngadirenggo hadir sebagai pelindung tradisi adat yang turut menjaga kesinambungan kekayaan budaya lokal.

Tugas Babinsa Ngadirenggo tak hanya sebatas sebagai pengawal, tetapi juga sebagai pembawa pesan tentang pentingnya tradisi adat. Melalui komunikasi yang aktif, beliau menyampaikan pemahaman mendalam kepada masyarakat mengenai makna dan tujuan dari kegiatan adat bersih desa. Babinsa Ngadirenggo mendorong masyarakat untuk dengan penuh kasih sayang dan tanggung jawab merawat warisan budaya mereka.

Dukungan dan dedikasi yang ditunjukkan oleh Babinsa Ngadirenggo telah menginspirasi masyarakat Desa Ngadirenggo. Kesadaran akan pentingnya menjaga dan memperkaya tradisi adat semakin berkembang. Desa Ngadirenggo terus bersinar sebagai tempat yang memancarkan kekayaan budaya dan keharmonisan antara masyarakat dengan warisan budayanya.

Babinsa Ngadirenggo, Sertu Edi Kuswanto, merupakan sosok yang layak mendapat penghargaan atas perannya dalam mempertahankan tradisi adat. Dengan semangat yang dimiliki, beliau turut berkontribusi dalam membangun kehidupan adat yang lestari di Desa Ngadirenggo. Mari kita bersama-sama mendukung dan menjaga kelestarian warisan budaya ini untuk generasi mendatang.(feri)

Loading