You are currently viewing Babinsa Koramil 0801/08 Tulakan Hadiri Acara Rembuk Stunting

Babinsa Koramil 0801/08 Tulakan Hadiri Acara Rembuk Stunting

Pacitan, Nenemonews – Untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di bidang kesehatan, Serma Sarwanto Babinsa Koramil 0801/08 Tulakan Kodim 0801/Pacitan menghadiri kegiatan Rembuk Stunting Tingkat Desa dalam rangka Penyusunan Pembangunan Desa Tahun 2024, bertempat di Balai Desa Kalikuning Kec. Tulakan Kab. Pacitan, Jumat (03/03/2023).

Rembuk stunting merupakan forum musyawarah antara kader kesehatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemerintah Desa, BPD, serta masyarakat, untuk berkomitmen membahas pencegahan dan penanganan masalah kesehatan di Desa khususnya stunting, dengan mendayagunakan sumber daya pembangunan yang ada di Desa.

Mengawali sambutannya, Kepala Dinas PMD Kab. Pacitan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak, atas kerja keras yang telah dilakukan selama ini, dalam upaya pencegahan dan penurunan stunting di Kab. Pacitan secara umum.

“Dalam melaksanakan konvergensi intervensi untuk pencegahan stunting di tingkat Desa, rembuk¬†stunting merupakan kegiatan penting yang harus dilakukan, untuk mengkonsolidasi usulan-usulan berdasarkan data hasil pemetaan layanan yang telah dikumpulkan oleh Kader Pembangunan Manusia (KPM)”, kata Kepala Dinas PMD kepada peserta rapat.

Kemudian, dirinya menjelaskan bahwa rembuk stunting merupakan salah satu rangkaian pramusyawarah desa untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa tahun berikutnya, dan juga menjadi amanat Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Desa agar memprioritaskan penggunaan dana desa untuk pencegahan dan penanganan stunting.

“Kami berharap melalui diskusi ini dapat disepakati bersama rencana kerja yang matang dan terarah, untuk dijadikan pedoman demi menentukan langkah kedepannya yang lebih baik. Dalam penanganan kasus stunting di tingkat Desa dengan pemanfaatan Dana Desa, dapat dimulai dari pemetaan sasaran secara partisipatif terhadap warga desa yang terindikasi. “, ungkap Kepala Dinas PMD.

Sementara itu, Babinsa Koramil 0801/08 Tulakan menambahkan mengingatkan kepada masyarakat agar bersama-sama peduli dengan kesehatan dengan selelu memperhatikan pola makan yang sehat agar terhindar dari stunting.

“Kesehatan merupakan faktor yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.Akses pengelolaan air minum dan makanan serta sanitasi¬†yang buruk dalam rumah tangga dapat memicu munculnya penyakit berbasis lingkungan, untuk itu selalu terapkan pola hidup sehat agar keluarga kita semua terbebas dari berbagai penyakit salah satunya stunting”, tandas Babinsa dalam acara rembuk stunting.

Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya, Dinas PMD (Bpk. Siswoyo), Kepala Puskesmas Bubakan (Dr. Jajak), petugas Kecamatan Tulakan (Bpk. Slamet), Koramil Tulakan (Serma Sarwanto), Bhabinkamtibmas Tulakan (Bripka Latip), Kepala Desa Kalikuning (Bpk. Agung Pambudi Amd), Nakes Puskesmas Bubakan, serta Perangkat Desa Kalikuning.(pr)

Loading