You are currently viewing Cegah PMK, Babinsa Koramil 0801/01 Pacitan Monitoring Pasar Hewan

Cegah PMK, Babinsa Koramil 0801/01 Pacitan Monitoring Pasar Hewan

Pacitan, Nenemonews – Saat ini sebagai upaya pencegahan terhadap Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Sertu April Babinsa Koramil 0801/01 Pacitan Kodim Pacitan melaksanakan pemantauan dan monitoring di pasar hewan Desa Semanten Kec. Pacitan, Kab. Pacitan, Rabu (22/02/2023).

Kegiatan pemantauan di pasar hewan tersebut dilakukan, selain untuk memberikan himbauan dan sosialisasi agar tetap waspada terkait PMK kepada para pedagang, juga merupakan salah satu cara yang efektif untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran virus PMK maupun penyakit menular lainnya.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan tersebut melibatkan instansi terkait antara TNI, Polri, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian serta Pemerintah Desa. Dengan harapaan dapat bekerjasama secara efektif dalam mencegah penularan virus PMK maupun penyakit menular lainnya masuk ke wilayah Kab. Pacitan.

Saat dikonfirmasi awak media Babinsa Koramil 0801/01 Pacitan mengatakan, bahwa kegiatan pemantauan tersebut dilakukan karena, pasar hewan merupakan salah satu tempat yang sangat rentan terhadap penyebaran virus PMK maupun penyakit menular lainnya.

“Hal ini kita lakukan sebagai upaya bersama dalam mendukung program pemerintah demi mewujudkan swasembada pangan, khususnya dalam menjaga ketersediaan stok daging di pasaran”, kata Babinsa saat berada dilokasi melakukan pemantauan.

Lebih lanjut, dirinya menghimbau kepada masyarakat yang memiliki hewan ternak, agar turut serta mendukung program Pemerintah untuk melakukan vaksinasi terhadap hewan ternaknya, apabila belum di vaksin.

“Kami meminta kesadarannya kepada masyarakat yang memiliki hewan ternak yang belum di vaksinasi, agar dapat melakukan vaksinasi. Karena ini demi kebaikan bersama dan hewan yang sudah di vaksin nantinya akan memiliki daya tahan tubuh yang kuat, virus penyakit terutama PMK tidak mudah menular pada hewan ternak”, tutur babinsa.(pr)

Loading