You are currently viewing Kodim 0801/Pacitan bersama LKI Melakukan Sosialisasi Penyakit Kanker dan Tumor

Kodim 0801/Pacitan bersama LKI Melakukan Sosialisasi Penyakit Kanker dan Tumor

Pacitan, Nenemonews – Kodim 0801/Pacitan menggandeng Lembaga Kanker Indonesia (LKI) untuk melaksanakan sosialisasi kesehatan dalam rangka pencegahan terhadap penyakit Kanker dan Tumor, bertempat di Aula Kopral Sigit Jl. Letjen Suprapto No. 42 Pacitan, Kamis (27/10/2022).

Kegiatan sosialisasi tersebut diikuti oleh seluruh Danramil jajaran, para Pasi serta anggota Kodim 0801/Pacitan baik TNI maupun PNS.

Dandim 0801/Pacitan melalui Pasi Pers Kodim 0801/Pacitan Kapten Chb Joko Prasetyo mengatakan, bahwa sosialisasi ini bermaksud untuk menambah wawasan tentang pentingnya menjaga kesehatan utamanya dalam mencegah penyakit Kanker dan Tumor.

“Manfaatkan kegiatan ini semaksimal mungkin untuk menambah wawasan, sehingga kesehatan kita tetap terjaga dengan baik.Lebih baik mencegah dari pada mengobati”, ujar Pasi Pers kepada anggota.

Sementara itu, kegiatan sosialisasi kesehatan tentang penyakit Kanker dan Tumor disampaikan oleh Ketua Tim, Lusi Anggi Pratiwi S.Tr. Keb. Dari Lembaga Kanker Indonesia (LKI).

Sosialisasi diberikan guna memberikan informasi tentang bagaimana mengenali gejala awal, upaya pencegahan, serta pengobatan terhadap penyakit Kanker dan Tumor.

Secara umum, tumor muncul ketika ada pertumbuhan sel secara berlebihan dalam suatu jaringan dan membentuk benjolan. Bila sel-sel tersebut bersifat ganas dan pertumbuhannya tak terkendali, tumor yang terbentuk disebut tumor ganas atau kanker. 

“Upaya pencegahan secara preventif utamanya dari dalam diri kita sendiri, salah satunya dengan menjaga pola makan sehat, rajin berolah raga, banyak minum air putih serta hindari makanan mengandung lemak tinggi maupun bahan pengawet” tutur Ketua tim.

Ia juga mengungkapkan, bahwa penyakit Kanker dan tumor dapat menyebabkan kematian terbanyak ketiga di Indonesia, pasalnya penyakit tersebut dapat menghancurkan struktur organ tubuh secara perlahan, jika tidak dilakukan pengobatan secara tepat.

“Tumor bisa tumbuh di bagian tubuh mana pun, misalnya kulit, otot, saraf, jaringan lemak, organ tubuh tertentu, dan tulang.Selalu konsultasikan dengan Dokter, apabila mengalami gangguan kesehatan, sehingga dapat dicegah sedini mungkin”, pungkas Ketua Tim.

Kemudian, ia juga mempraktekkan secara langsung bagaimana cara mendeteksi penyakit Kanker secara mandiri, sehingga dapat diantisipasi guna melakukan pencegahan.(pr)

Loading