You are currently viewing Program Ketahanan Pangan, Kepala Desa Karang Tengah Serahkan Sapi Kepada  Kelompok Tani

Program Ketahanan Pangan, Kepala Desa Karang Tengah Serahkan Sapi Kepada Kelompok Tani

  • Post author:
  • Post category:Jabar

BOGOR, Nenemonews (Jabar) — Dalam sebuah langkah bersejarah yang menginspirasi, Kepala Desa Karang Tengah, H. Suhandi, telah menyerahkan program ketahanan pangan kepada kelompok tani warga desa.
Sebanyak 20 anggota kelompok tani dengan tekad dan semangat tinggi menerima tantangan untuk mengelola program ini, yang bertujuan untuk memperkuat ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Program ini tidak hanya menandai sebuah inisiatif lokal, tetapi juga mewakili semangat gotong royong dan kemandirian dalam menghadapi tantangan global terkait ketahanan pangan. Kepala Desa Suhandi menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah desa dan masyarakat dalam mencapai ketahanan pangan yang berkelanjutan.

“Kami percaya bahwa ketahanan pangan bukan hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga tanggung jawab bersama warga desa. Dengan menyerahkan program ini kepada kelompok tani lokal, kami memberikan kepercayaan kepada masyarakat untuk menjadi agen perubahan dalam memastikan ketersediaan pangan yang mencukupi,” ujar Kepala Desa Suhandi.

Program ini mencakup berbagai kegiatan, mulai dari diversifikasi tanaman, penerapan praktik pertanian berkelanjutan, hingga pelatihan untuk meningkatkan keterampilan anggota kelompok tani. Langkah-langkah ini dirancang untuk tidak hanya meningkatkan produksi pangan, tetapi juga menciptakan ekosistem pertanian yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Dalam acara serah terima yang dihadiri oleh tokoh-tokoh masyarakat setempat, Kepala Desa Suhandi memberikan semangat kepada kelompok tani dengan mengatakan,

“Kalian adalah garda terdepan dalam membangun masa depan ketahanan pangan kita. Dengan kebersamaan dan komitmen, kita bisa mencapai impian bersama untuk memiliki desa yang mandiri dan sejahtera ” kata Suhandi.

Pihak pemerintah desa juga berkomitmen untuk memberikan dukungan yang diperlukan dalam bentuk bantuan teknis, peralatan pertanian, dan fasilitas pendukung lainnya. Selain itu, mereka berencana untuk mendirikan pusat pelatihan pertanian yang akan memperkuat keterampilan dan pengetahuan anggota kelompok tani.

Melalui langkah-langkah ini, Desa Karang Tengah berharap dapat menjadi contoh bagi desa-desa lainnya dalam mengembangkan program ketahanan pangan yang berkelanjutan. Semua pihak diundang untuk berpartisipasi dan mendukung upaya ini agar cita-cita bersama menciptakan masyarakat yang mandiri dan berdaya tahan dapat terwujud.

” Pemerintah desa karang tengah berharap semoga menjadi program keberlanjutan ketahanan pangan, dapat tim pendampingan juga dari dinas terkait,” Pungkas

Loading