You are currently viewing BPBD Mesuji Mulai Jemput Bola, Kejar Program Bantuan Pusat

BPBD Mesuji Mulai Jemput Bola, Kejar Program Bantuan Pusat

Mesuji, Nenemonews (Lampung) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Kabupaten Mesuji lakukan silahturahmi dan koordinasi ke Kantor Pusat Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jakarta, Jum’at (03/03/2023).

Hal yang di lakukan ini untuk ikut mencari program apa yang bisa di bawa untuk membangun Kabupaten Mesuji, karna Pemerintah Kabupaten Mesuji terus berupaya untuk mengejar program -program pembangunan semua sektor yang bersumber dari Pemerintah Pusat melalui dana APBN agar bisa turun ke Kabupaten Mesuji, Untuk itu semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pun di kerahkan, agar intens menjalin berkomunikasi dan koordinasi dengan leading sektor nya masing-masing di pusat.

Pada silaturahmi nya ini, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Mesuji Sunardi Nyerupa, yang di dampingi Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Darul Bufferzone, diterima langsung oleh Direktur Perencanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Johny Sumbung, di ruang kerjanya.

Direktur Perencanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Johny Sumbung, mengatakan, dalam pelaksanaan usulan Rehabilitasi dan Rekonstruksi harus dilakukan melalui E-Proposal Rehabilitasi dan Rekonstruksi yang diajukan Pemerintah Daerah melalui BPBD.

“Tentunya dengan saling berkoordinasi bersama dinas atau OPD terkait seperti Bapelitbangda, BPKAD, Dinas PUPR, dan Dinas Teknis lainnya harus melengkapi berkas administrasi sesuai kewenangannya masing-masing,”kata Jhony.

Jhony menambahkan, tahapan yang harus dilakukan oleh BPBD Mesuji dan Dinas terkait lainnya adalah masing-masing seperti review dana kebencanaan kabupaten yang dimiliki, mendata aset daerah yang terdampak bencana, menyiapkan data rincian teknis perbaikan maupun bangunan yang terdampak bencana baik fisik maupun pemulihan sosial ekonomi masyarakat.

“Selain itu ada SK Kebencanaan atau Surat Pernyataan Bencana dari Kepala Daerah termasuk dokumentasi berita bencana dari teman-teman media juga dapat menjadi faktor pendukung administrasi,” tambah Jhony.

Sementara itu, Kalak BPBD Mesuji Sunardi menyampaikan, bahwa pihaknya menindaklanjuti arahan dan petunjuk Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar, agar aktif berkoordinasi dengan leading sektor dipusat yakni BNPB. Tujuannya, agar kedepan Mesuji bisa masuk kedalam Lokasi Prioritas (Lokpri) Pembangunan Nasional.

“Sesuai petunjuk dan arahan pak bupati kami mulai intens menjalin komunikasi dan berkoordinasi ke pusat agar BPBD Mesuji bisa mendapatkan prioritas bantuan yang bersumber dari APBN melalui BNPB ini,” Kata Sunardi.

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Darul menambahkan, bahwa pihaknya telah menyiapkan segala data yang di butuhkan sebagai faktor pendukung untuk menjemput bantuan yang diharapkan.

“Langkah awal kita sudah melakukan tahapan E-proposal dan masih proses verifikasi dokumen oleh BNPB. Mudah-mudahan usaha kita bersama ini membuahkan hasil baik agar BPBD Mesuji dapat bantuan dari pusat,” ujarnya. (N9)