oleh

Disnakeswan Tubaba Temukan Hewan Ternak Terjangkit PMK

Tulang Bawang Barat, Nenemonews (Lampung) – Sebanyak 6 ekor hewan ternak di Kabupaten Tulang Bawang Barat yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)
Dalam proses pemulihan.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Setempat.Rabu (18/05/22).

Iya menyampaikan bahwa , Penyakit PMK disebabkan oleh virus yang menyerang hewan berkuku belah terutama hewan ternak Ruminansia, seperti sapi, kerbau, kambing, domba serta ternak babi.

“Dari 6 hewan ternak yang terjangkit penyakit PMK, sudah kita beri pengobatan, memberi vitamin terhadap hewan untuk menjaga daya tahan tubuh, memberikan antibiotik untuk penyembuhan luka dan saat ini hewan ternak tersebut masih dalam tahap pemulihan,” ungkap Nasaruddin

Untuk ciri-ciri PMK yakni, nafsu makan berkurang, fisik hewan menjadi lemah, suhu tubuh tinggi dan yang menjadi ciri khasnya, pada hewan yang terjangkit penyakit menular itu, pada mulut dan lidahnya terdapat bintik-bintik merah seperti sariawan, yang menyebabkan nafsu makan menurun.

Kemudian bila terdapat hewan yang terkena penyakit PMK, harus diisolasi dan dipisahkan dengan hewan ternak yang sehat, agar tidak tertular. Sampai hewan ternak di daerah tersebut dinyatakan seratus persen sembuh.

Masih kata Nasaruddin Untuk penyembuhan nya sendiri,mestinya menggunakan vaksin, karena untuk di Indonesia, vaksin penyakit tersebut sudah tidak ada, di sebabkan Indonesia sudah lama tidak ada wabah PMK.

“Saya berharap agar kebersihan kandang terus dijaga kemudian tidak membeli ternak yang berasal dari luar Daerah, terutama dari Jawa Timur yang merupakan Daerah yang terjangkit penyakit tersebut,” Imbuhnya(peb)