oleh

Dosen Prodi Manajemen IIB Darmajaya Raih Hibah Pengabdian Masyarakat Ditjen Ristek Dikti 2022

BANDARLAMPUNG, Nenemonews – Muhammad Saputra, S.E., M.M., dosen Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menerima hibah pengabdian masyarakat di perguruan tinggi tahun anggaran 2022 Direktorat Jenderal Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ditjen Ristek Dikti) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI).

Muhammad Saputra, mengangkat judul pengabdian masyarakat “Membangun Jiwa Entrepreneurship pada Komunitas Difable Melalui Pelatihan Kerajinan Sulam Maduaro Khas Lampung. Dosen Prodi Manajemen IIB Darmajaya ini menerima hibah skema Program Kemitraan Masyarakat.
Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IIB Darmajaya, Dr. Sri Lestari, S.Kom., M.Cs., mengatakan dalam pengajuan tahun ini untuk hibah pengabdian masyarakat terdapat satu dosen Prodi Manajemen FEB IIB Darmajaya “Hibah yang didapatkan ini akan berlangsung selama setahun kegiatan,” ungkapnya.

Menurut dia, IIB Darmajaya total menerima hibah tujuh proposal yang diterima Ditjen Ristek Dikti Kemendikbudristek RI. Adapun rinciannya empat hibah Penelitian Program Kompetitif Nasional, dua hibah Penelitian Program Desentralisasi, dan satu hibah Pengabdian Masyarakat.
“Ke depan diharapkan dapat meningkat hibah yang diperoleh. Dalam mendukung upaya tersebut, LP2M sebelumnya juga telah memberikan pelatihan dan workshop dalam penulisan proposal hibah,” ujarnya.
Sri Lestari menerangkan pengabdian masyarakat yang dilakukan dosen merupakan pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi. “Kegiatan pengabdian masyarakat ini juga bagian dalam pemberdayaan masyarakat yang bertujuan untuk memberikan keterampilan sehingga dapat menambah penghasilannya,” pungkasnya.
Sebelumnya, Rektor IIB Darmajaya, Dr. Ir. Firmansyah Y. Alfian, MBA., M.Sc., menyampaikan selamat kepada para penerima hibah Ditjen Ristek Dikti Kemendikbudristek RI tahun 2022. “Terus pertahankan untuk melakukan penelitian dan tingkatkan tiap tahunnya,” ucapnya.

Firmansyah menerangkan tugas dosen tidak hanya melakukan pengajaran ataupun pembelajaran kepada mahasiswa, tetapi juga melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat.
“Selama ini, kita terus dorong agar selalu meningkat penelitian dan pengajuan hibah yang dilakukan dosen tiap tahunnya. Semoga penelitian yang dilakukan juga bermanfaat bagi kampus, lingkungan sekitar dan masyarakat,” harapnya. (**)