oleh

Melalui DAK Fisik, 4 Desa di Mesuji Akan di Bangun Lumbung Padi Masyarakat Desa

Mesuji, Nenemonews (Lampung) – Untuk mengurangi keluarnya padi oleh petani Mesuji keluar dari Mesuji dengan jumlah besar, Empat gudang penyimpanan padi serta penggilingan padi atau Lumbung Padi Masyarakat Desa (LPMD) akan di bangun ada tahun 2022.

Pembangunan tersebut yang bersumber dari anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Dinas Ketahanan Pangan yang di kucurkan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) pada tahun anggaran 2022 dengan jumlah anggaran Rp 4 Miliar, dan berlokasi di empat desa yang ada di dua kecamatan di kabupaten Mesuji.

Empat lokasi pembangunan yakni Desa Muara Mas Kecamatan Mesuji Timur, Desa Sumber Makmur, Desa Tanjung Serayan, dan Desa Suka Maju Kecamatan Mesuji.

”Pembangunan lumbung padi yang akan di bangun nantinya bertujuan untuk menampung padi dari petani dalam jumlah besar saat musim panen raya tiba, agar padi di Mesuji tidak banyak keluar dari kabupaten Mesuji.” jelas Hendra Cipta, Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Mesuji, Senin (9/05/2022).

Lanjut Hendra, “Selain untuk mencegah keluarnya padi dari Mesuji dengan sekala besar juga untuk meningkatkan nilai tambah beras kualitas produksi padi serta menjaga ketersediaan pangan agar tetap stabil.” ujarnya.

Hendra juga menjelaskan dalam Pengerjaan pembangunan lumbung padi yang akan dikerjakan secara swakelola oleh Gapoktan yang ada di desa tersebut, “Setiap lumbung dianggarkan Rp 1 miliar, di dalam pembangunan nantinya akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang. Fasilitas itu yakni mesin penggiling, open, mesin pengering, lumbung padi, dan lantai jemur yang mampu menampung 100 ton padi.” ucap Hendra. (N9)