oleh

HUT Way Kanan Ke-23, DPRD Gelar Rapat Istimewa

Way Kanan, Predikatnews – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Way Kanan, gelar rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi Way Kanan ke 23 Tahun, bertempat di Ruang Rapat Utama, Rabu (27/4/2022).

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Nikman Karim juga dihadiri oleh Bupati Way Kanan, Raden Adipati Surya, Forkopimda, serta Instansi Vertikal.

Ketua DPRD Way Kanan Nikman dalam arahannya menjelaskan sejarah pendek bagaimana proses terbentuknya serta berdirinya kabupaten Way Kanan Ramik Ragom Yang kita didepan para tamu Undangan Yang hadir,hal ini dilakukan bertujuan untuk mengingat secara Flasback bagaimana gigihnya perjuangan para tetua tokoh tokoh pemerintah yang terlibat didalamnya.

Sementara itu,dalam sambutannya Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya mengatakan, 27 April, dua puluh tiga tahun lalu, Kabupaten Way Kanan lahir sebagai Kabupaten definitif, merupakan pemekaran dari Kabupaten Lampung Utara.Sebagai daerah baru, tentu banyak sekali tantangan dan keterbatasan yang dihadapi, namun dengan keuletan dan kesabaran pemimpin dan rakyat bersatu, Way Kanan pelan tapi pasti mengalami perubahan kearah yang lebih baik.

“atas perjuangan para pendahulu yang telah berkorban baik moril maupun materil untuk tujuan yang sama yaitu masyarakat Way Kanan yang sejahtera;terus menjadi motivasi, Oleh karena itu atas nama Pemerintah Kabupaten Way Kanan dan pribadi, pertama-tama saya mengucapkan terima kasih kepada para tokoh pendiri Kabupaten Way Kanan, baik dari unsur pemerintahan, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama dan para cerdik cendekia yang secara langsung maupun tidak langsung berjuang dalam pembentukan Kabupaten Way Kanan,” kata Adipati.

Dirinya menambahkan Diusia ke 23 ini, beberapa capaian terus membaik antara lain kondisi perekonomian, tata kelola pemerintahan, pembangunan Sumber Daya Manusia, pembangunan kampung dan penanganan kemiskinan.

Untuk kondisi perekonomian Kabupaten Way Kanan selama 3 tahun terakhir terjadi fluktuasi yang cukup besar, Pandemi Covid-19 yang mulai terjadi pada Maret 2020 mengakibatkan terkontraksinya pertumbuhan ekonomi tahun 2020 sebesar 1,16%, dimana tahun 2019 ekonomi masih tumbuh sebesar 5,17%, dan tahun 2021 mulai terjadi pemulihaekonomi yang ditandai dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 2,90%. Untuk tata kelola pemerintahan juga terus dilakukan upaya peningkatan, hal ini terlihat dari Pemerintah Kabupaten Way Kanan Kembali meraih penghargaan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK yang ke dua belas kali secara berturut-turut. Hasil Penilaian Kepatuhan Standar Pelayanan Tahun 2021 dari OMBUDSMAN masuk pada Predikat Kepatuhan Tinggi (zona hijau) dengan Nilai 88,61.