oleh

Hari Jadi ke – 23 Way Kanan Fokus Pulihkan Ekonomi dan Entaskan Kemiskinan

Way Kanan, Nenemonews.com (Lampung) – Tema Pulihkan Ekonomi dan Entaskan Kemiskinan Menuju Way Kanan Unggul Dan Sejahtera, hal tersebut mengandung pengertian bahwa Pemerintah Kabupaten Way Kanan harus bekerja dua kali lebih cerdas dan dua kali lebih cepat agar masyarakat dapat merasakan hasilnya.

Demikian ditegaskan oleh Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya dalam amanahnya saat menjadi inspektur upacara Peringatan hari jadi ke 23 Kabupaten Way Kanan Tahun 2022, bertempat di lapangan Pemkab, Rabu (27/4).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pimpinan dan Anggota DPRD Way Kanan, Wakil Bupati, Para Anggota Forum Komunikasi, Bupati dan Wakil Bupati Way Kanan Periode 1999 – 2010, Drs. Hi. Tamanuri dan Drs. H. Marsidi Hasan, Bupati dan Wakil Bupati Way Kanan Periode 2010 -2016, DR. H. Bustami Zainudin S.Pd, dan H. Nasution Husein, SE, KetuaTim Pengerak dan Kader PKK, Dharma Wanita Persatuan Beserta jajaran, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama,  Camat, Pejabat Administrator dan Fungsional, Para Penyimbang Marga, Alim Ulama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Pimpinan Organisasi Pemuda, Organisasi, Sosial Politik, Akademisi, Organisasi Wanita, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Profesi, Insan Pers.

Ditambahkan oleh Adipati, di usianya yang ke 23 tahun, Kabupaten Way Kanan sudah banyak mengalami perubahan yang signifikan, baik sosial, budaya, ekonomi dan lingkungan, untuk mengimbangi perubahan tersebut, maka dibutuhkan kerja keras, inovasi, kreativitas dan semangat bekerjasama dalam membangun Kabupaten Way Kanan.

“Berbagai perubahan ini tentu harus diantisipasi secara cerdas, antara lain memulihkan kualitas Hidup, karena tingkatan kualitas hidup menggambarkan keunggulan, seperti kesehatan fisik, psikologis, hubungan sosial dan lingkungan, sekaligus memberi dampak terhadap peningkatan kesejahteraan warga dalam jangka panjang,” kata Adipati.

Untuk itu perubahan tersebut harus diiringi dengan pergeseran nalar menjadi lebih terbuka, kreatif, mandiri, mampu menjalin relasi sosial dengan baik, serta mampu beradaptasi dengan perkembangan iptek agar setiap orang memberi manfaat besar bagi diri dan lingkungannya.

Oleh karena itu peringatan 23 tahun Kabupaten Way Kanan harus dimaknai sebagai sarana mengingatkan pentingnya menjaga keseimbangan manusia dengan lingkungan dengan memanfaatkan daya pikir yang lebih maju.

“Untuk itu tidaklah berlebihan jika tahun ini tema yang ambil di hari jadi Kabupaten Way Kanan, Pulihkan Ekonomi Dan Entaskan Kemiskinan Menuju Way Kanan Unggul Dan Sejahtera,” ujarnya.

Melalui momentum Hari Jadi Kabupaten Way Kanan ke-23, diharapkan kepada seluruh komponen penyelenggara pemerintahan baik di tingkat Kabupaten Way Kanan maupun di tingkat Kampung dan Kelurahan untuk saling introspeksi dan merekonstruksi hal-hal yang perlu dipertahankan dan yang harus diperbaiki, dan kepada seluruh warga masyarakat Way Kanan agar bahu-membahu dan berperan aktif bersama pemerintah untuk menyukseskan setiap pembangunan diberbagai bidang, karena kebersamaan merupakan kekuatan kita, dengan kebersamaan kita akan mampu menyelesaikan berbagai hambatan, tantangan dan persoalan dalam berbagai sektor.

“Sebagai motor ekonomi warga yang dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan pemulihan ekonomi daerah, selain pembangunan fisik penguatan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sangat diperlukan,”tegasnya.

Mengingat selama ini pemerintah telah berupaya baik pemerintah pusat maupun daerah, seperti Bantuan Pangan Non Tunai, PKH, Bantuan Usaha produktif bagi difable (Cacat Fisik), Program Bantuan Bedah Rumah dan beragam bentuk bantuan lainnya. (**/Antoni).