oleh

Babinsa Karangjati Tanamkan jiwa Nasionalisme kepada Murid SDN Puhti

NGAWI, Nenemonews – Pembinaan karakter merupakan suatu proses atau usaha yang dilakukan untuk membina, memperbaiki dan membentuk watak, sifat sifat kejiwaan, akhlak insan manusia sehingga menunjukkan tingkah laku yang baik berlandaskan nilai-nilai Pancasila, Pembinaan Karakter sangat penting bagi para siswa dan siswi ataupun generasi muda sehingga dengan pembinaan karakter para siswa akan mempunyai sikap kepribadian dan mental yang baik. Rabu (27/04/2022).

Dalam kegiatan pembinaan karakter terhadap siswa dan siswi SDN Puhti tersebut, Serda Naryo Babinsa Koramil 0805/05 menyampaikan tentang makna disiplin dan cinta tanah air dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari baik di rumah maupun di lingkungan sekolah.

Dikatakan, dengan disiplin diharapkan para siswa dan siswi akan pentingnya menghargai waktu dan bisa mengatur waktu dalam kegiatan sehari hari baik itu waktu belajar, waktu istirahat, beribadah maupun waktu membantu orang tua. Selain itu membiasakan hidup disiplin maka bisa mengurangi kekwatiran yang ada seperti keterlibatan Narkoba dan tindakan yang menjurus kearah kriminal lainnya.

Serda Naryo menambahkan menumbuhkan rasa cinta tanah air sangat diperlukan bagi para siswa karena akan berpengaruh pada cara berfikir, bersikap dan berbuat untuk menunjukan kesetiaan, kepedulian dan penghargaan yang tinggi terhadap bangsa dan negara. Salah satu contohnya kalau bagi siswa itu sendiri dengan keikutsertaan upacara bendera. Menyanyikan lagu kebangsaan dan membaca teks Pancasila secara bersama merupakan upaya menumbuhkan rasa kecintaannya kepada bangsa Indonesia yang kita cintai.(Pudi)