oleh

Wabup Fauzi Hasan Serahkan Bantuan Benih Padi ke Petani Tiyuh Gedungratu

Tulang Bawang Barat, Nenemonews (Lampung) – Bentuk kepedulian Pemerintah kepada Petani yang terdampak banjir pada Februari lalu, Pemerintah Daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat memberikan bantuan benih Padi hinbrida ke 160 Petani yang ada di Tiyuh Gedung Ratu.

Berdasarkan pantauan Nenemonews penyerahan bantuan tersebut berlangsung di Balai Tiyuh setempat pada Selasa (12/04/2022), Pada kesempatan itu dihadiri oleh Wakil Bupati, Kepala Dinas Pertanian, Camat TBU, Kepala Tiyuh, serta masyarakat penerima bantuan.

Dikatakan Wakil Bupati “Bantuan ini merupakan usulan warga yang diteruskan Pemerintah Kabupaten terhadap Pemerintah Provinsi Lampung terkait adanya musibah yang menimpa Petani di wilayah Gedung Ratu pada Februari lalu, dan alhamdulilah kita mendapat perhatian, sehingga pada hari ini bantuan dapat kita salurkan langsung ke para petani.” Ujarnya.

Masih kata Fauzi Hasan, Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian dan dorongan Pemerintah kepada masyarakat Petani agar dapat kembali menanam Padi dengan benih berkualitas kedepannya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian Syamsul Komar mengatakan, setelah dilakukan pendataan dan investigasi terhadap bencana banjir lalu, didapat total 170 hektar lahan milik Petani yang mengalami kerusakan dan tidak dapat melakukan panen secara optimal.

“Dan melalui usulan yang kita lakukan, kita mendapatkan total 4,25 ton benih Padi Inbrida Varietas Inpari 32 dari Pusat melalui Provinsi, untuk diberikan kepada masyarakat terdampak banjir yang terjadi di wilayah Gedung Ratu.” Ujarnya.

Menurutnya, bantuan untuk benih hari ini diberikan kepada masyarakat melalui Gapoktan, dengan pembagian nantinya Per hektar 25 Kg benih.

“Selain bantuan khusus untuk Petani terdampak banjir, terdapat juga bantuan reguler kepada Petani lainnya yang kita berikan.” Tuturnya.

Sementara itu, Kepala Tiyuh Gedung Ratu Juaini Bandarsyah, mengucapkan terimakasih atas bantuan yang telah diberikan kepada warganya yang dikarenakan bencana alam saat itu masyarakat bersama Pemerintah Tiyuh mengajukan bantuan untuk benih kepada Dinas Terkait.

“Dirinya juga mengharapkan, agar kedepan Petani khususnya di Gedung Ratu dapat bekerjasama dengan Dinas Pertanian agar bisa ikut asuransi yang sebagian besarnya disubsidi oleh Pemerintah.Semoga kedepan para Petani juga dapat dilakukan pembinaan secara optimal agar hasil panennya lebih baik dan lebih berkualitas lagi kedepannya.” imbuhnya.(*)