oleh

Inspektorat Dalami Pengelolaan DD Kampung Astra Ksetra

Tulang Bawang, Nenemonews.com (lampung) – Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM-LIR) Kabupaten Tulangbawang beserta Tim awak media,Sambangi Kantor Inspektorat kabupaten setempat, Rabu (6/4/2022).

Ajo Jun sapaan akrab ketua LSM LIR Tuba dan sejumlah rekan media untuk mempertanyakan tindak lanjut laporan yang di laporkannya beberapa waktu lalu di loket pelaporan di kantor Inspektorat TulangBawang.

Dalam laporan tersebut,Tentang Pengelolaan Dana Desa tahun 2020 di Kampung Astra Ksetra Kecamatan Menggala TulangBawang terkait dugaan Pengelembungan dan Pengunaan Anggaran Piktif.

Tim di terima dengan baik oleh Irban lima (V) Gober Cahyadi,S.E di ruang kerja nya sekira pukul 10,50 WIB, menanyakan sudah sejauh mana peroses laporan LSM LIR Tuba atas dugaan Pengelembungan Anggara dan dugaan Pelaksanaan Anggaran Fiktif Kampung Astra Kesatra yang di sampaikan beberapa waktu yang lalu di Loket pelaporan dan pelayanan kantor Inspektorat setempat.

Di tempat dan ruang yang sama Inspektur Dr. Untung Widodo M.si Yang di wakili Irban Lima (V) Inspektorat TulangBawang Gober Cahyadi,S.E Mengatakan,”Ia betul Laporan LSM LIR TulangBawang sedang kami proses sudah sekitar 80% dan sedang kami Tela’ah sementara ini terkait beberapa poin yang di laporkan kami tentunya akan menyamakan Hasil pemeriksaan Inspektorat dengan laporan yang kami terima saat ini

” Jika beberapa poin laporan tersebut ada indikasi kejanggalan sudah seharusnya ini untuk dapat dilanjutkan ke aparatur penegak hukum (APH), ungkap Gober Cahyadi

Ditempat terpisah junaidi saat di konfirmasi Tim media Untuk langkah selanjutnya terkait laporan yang di sampaikan beberapa waktu lalu mengatakan, menurut keterangan Irban V, sudah memasuki tahap proses Tela’ah 80 %.

“Sementara kita tunggu dulu beberapa waktu hasil pemeriksaan dari Inspektorat TulangBawang di karenakan masih dalam peroses, hal ini harus kita kawal sampai ada titik terang nya, apa lagi berkas tersebut sudah kita dengarkan sama-sama pihak Kejaksaan Negeri Menggala TulangBawang sudah pernah minta berkas hasil pemeriksaan kampung Astra Ksetra tapi peroses nya tidak berjalan”kata ajo jun

“Di sinilah peran serta seluruh masyarakat desa menjadi kuncinya.
Masyarakat harus mau terlibat aktif dalam penggunaan dana desa. Selain, turut mengawasi penggunaan dana desa, sehingga dana desa yang jumlahnya tidak sedikit benar-benar bisa dirasakan untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat desa serta bebas dari penyimpangan,” tambahnya

Tim akan berupaya membantu Pihak APH untuk dapat membuktian adanya indikasi penyelewengan yang diduga perbuatan melawan hukum yang juga bersebrangan dengan Perpres nomor 16 tahun 2018 yang di ubah menjadi Perpres nomor 12 tahun 2021 Agar kedepan oknum-oknum kepala kampung yang nakal bisa lebih tertib dalam penggunaan dana bantuan yang di kucurkan pemerintah melalui kemendes tersebut”tutup Junaidi.
(CBR)