oleh

Bupati Lampura Hadiri Summit Kota Sehat 2022

Lampung Utara, Nenemonews – Bupati Lampung Utara H. Budi Utomo, S.E., M.M., menghadiri kegiatan Summit Kota Sehat 2022.

Acara yang dihadiri Bupati dan Wali Kota se-Indonesia tersebut terpusat di Patra Hotel Semarang, Senin (28/03/2022).

Turut mendampingi Bupati, Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Utara Hj. Nur Endah Sulastri Budi Utomo, S.Pd., M.M., Plt. Kadis Kesehatan Lampung Utara dr. Maya Manan.

Kegiatan yang dihelat dari tanggal 27-30 Maret 2022 ini juga dihadiri oleh perwakilan Kementerian/Lembaga, 34 Provinsi dan 514 Kabupaten/Kota, baik dari Pemerintahan maupun Forum Provinsi/Kabupaten/Kota Sehat se-Indonesia.

Kabupaten/Kota Sehat (Healthy Cities) pertama kali diperkenalkan oleh World Health Organization (WHO) pada pertengahan tahun1980-an. Konsep Healthy Cities dianggap sebagai pendekatan komprehensif yang bertujuan untuk menjadikan lingkungan perkotaan menjadi lebih sehat.

Acara dibuka oleh Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin yang hadir secara virtual. Pada kesempatan itu, Wapres menyampaikan selama masa pandemi sistem kesehatan diuji dengan beratnya beban penanganan pasien Covid-19.

“Namun di sisi lain kita mendapatkan pelajaran tentang bagaimana sistem layanan kesehatan yang kuat dan responsif harus dibangun, serta bagaimana berlaku hidup bersih sehat harus dibiasakan,” kata Wapres.

Untuk itu, sambung Wapres, komitmen dan peranan dari pemerintah daerah harus semakin strategis. Visi besar kota sehat, perlu dukungan multisektor.

“Saya berharap ada satu gerakan bersama dapat dicapai di tingkat kabupaten/kota secara mandiri dan berkesinambungan,” tandasnya.(peb)