oleh

5 Produk UKM Way Kanan Telah Masuk di Waralaba

Way Kanan, Nenemonews – Secara keseluruhan Sampai saat ini pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Kabupaten Way Kanan sebanyak 30.725, Namun sesuai yang di canangkan oleh Bupati Way Kanan pihaknya akan berkonsentrasi terhadap 6000 pengusaha mikro kecil dan menengah.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Way Kanan, Ediansyah Dirinya mengatakan secara bertahap sampai tahun 2022 telah melakukan pembinaan terhadap 2000 lebih pelaku UKM.

‘’Kalau jumlah keseluruhan pelaku UKM kita di Way Kanan ada 30.725, Tapi kita akan lebih fukus dulu terhadap 2000 pelaku UKM dan seacara bertahap hingga tercover semuanya’’Jelas Ediansyah.

Ediansyah menjelaskan hingga saat ini sudah ada lima produk dari UKM yang sudah dapat dijual dan dalam waktu dekat akan segera beredar di toko-toko dan waralaba yang merupakan hasil binaan dari dinas koperasi dan UKM.

Ediansyah menjelaskan dari lima produk yana akan segera di jual yakni dapur Way Kanan yang telah memproduksi dengan menggunakan bahan baku ikan, diantaranya Bakso, Keripik, dan Kopi, Kemudian intan cake.

‘’Kita sudah lima produk yang dihasilkan oleh UKM, dan produk ini sudah bisa dijual di toko dan waralaba, diantaranya dapur way kanan dan intan cake’’, lanjut Ediansyah.

Walapun lanjutnya, tidak mudah untuk melakukan pembinaan hingga sampai bisa masuk di waralaba, namum pihkanya akan terus berusaha hingga produk-produk yang dihasilkan oleh para pelaku UKM tersebut dapat diterima hingga ke provinsi.

Lebih Lanut Ediansyah menjelaskan Pemkab Way Kanan melalui Dinas Koperasi dan UKM telah mendirikan pusat oleh-oleh untuk memfasilitasi serta pemasaran berbagai produk yang dihasilkan oleh para pelaku UKM, hingga saat ini dari penjualan seluruh produk yang masuk di pusat oleh-oleh tersebut telah mencapai omset hingga Rp.500.000 per hari.(P)