oleh

PWI Kota Bogor Gelar Lomba Fotografi Media Sosial

Bogor, Nenemonews – Berbagai kegiatan diselenggarakan dalam rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2022 yang akan dipusatkan di Kota Kendari Sulawesi Tenggara.

Namun demikian, untuk memeriahkan HPN tersebut, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bogor mengajak warga pecinta fotografi untuk mengikuti lomba fotografi di media sosial.

Person in Charge (PIC) Lomba Foto HPN PWI Kota Bogor, Bambang Supriyadi mengatakan lomba fotografi ini terbuka untuk umum sehingga semua memiliki kesempatan menang.

“Sangat mudah, karena peserta cukup upload di Instagram pribadi dengan syarat yang sudah ditentukan panitia,” ungkap Bambang Supriyadi.

Apakah peserta lomba fotografi ini dikenakan biaya? Dikatakannya, lomba ini tidak dipungut biaya alias gratis.

“Foto yang diikutsertakan dalam lomba adalah hasil karya sendiri. Belum pernah dipublikasikan dan belum pernah menang dalam perlombaan sejenis,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, foto harus sesuai dengan norma-norma sosial serta tidak mengandung SARA.

Selain itu, panitia berhak mendiskualifikasi peserta dengan hasil karya yang dianggap mengandung unsur SARA, melanggar norma serta etika.

“Karya foto diharuskan menceritakan kritik sosial bersifat membangun dengan tema yakni Ada Apa Dengan Bogorku,” ujarnya.

Bambang menambahkan, lokasi pengambilan foto berada di dalam wilayah Kota Bogor dan menyesuaikan tema.

Selain itu, karya foto wajib mencantumkan Judul Foto dan deskripsi singkat. Penamaan file dengan format: (nama fotografer), (judul foto),(lokasi foto).

Ia menjelaskan, karya foto dalam format digital boleh diambil menggunakan kamera digital (DSLR, pocket, mirrorless), atau smartphone yang mendukung ketentuan format dan kualitas foto.

“Setiap peserta dapat mengirimkan maksimal 3 karya foto,” katanya.

PWI Kota Bogor, kata dia, berhak menggunakan karya foto yang diikutsertakan dalam lomba sebagai bagian dari publikasi, promosi, dan kepentingan lainnya, selama bukan kepentingan komersial.

“Dimensi sisi terpanjang foto minimal 3.500 pixel, Resolusi minimal 200 dpi, format file dalam bentuk .JPEG/.JPG,” ujarnya.

Editing foto diperbolehkan hanya sebatas basic editing (dalam photoshop brightness/ contrast, levels, hue/ saturation). Cropping tidak diizinkan melebihi 10 persen dari foto asli.

“Karya Foto diunggah melalui Instagram masing-masing dan di tag ke akun @pwikotabogor dengan hastag #adaapadenganbogorku,” katanya.

Foto paling lambat diterima pada 15 Januari 2022 pukul 00:00 WIB. Panitia berhak melakukan publikasi dan atau display foto pilihan juri.

Bambang menambahkan, objek atau isi foto sepenuhnya ialah tanggung jawab peserta (bukan plagiat atau melanggar hak cipta).

“Panitia tidak melayani segala bentuk tuntutan terkait dengan foto yang diikutsertakan dalam lomba,” ungkapnya.

“Pengumuman pemenang akan diumumkan pada puncak acara Hari Pers Nasional 2022 dan keputusan dewan juri ialah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat,” pungkasnya.
Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan hubungi nomor 0813-8150-6246.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed