oleh

IIB Darmajaya Gelar Pelatihan Manajemen Referensi Mendeley dan Zotero kepada Dosen serta Mahasiswa

BANDAR LAMPUNG, Nenemonews – Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya memberikan Pelatihan Manajemen Referensi Mendeley dan Zotero kepada dosen dan mahasiswa, pada Rabu (22/12/2021).

Pelatihan diisi dengan narasumber Hendra Kurniawan, S.Kom., M.T.I., dan Stefanus Rumangkit, S.E., M.Sc. secara luring di Aula Lantai 3 Rektorat. Keduanya memberikan panduan dalam memanfaatkan mendeley dan zotero dalam penulisan karya ilmiah ataupun jurnal.

Mengutip dari laman elsevier.com, Hendra Kurniawan menerangkan bahwa Mendeley adalah manajer referensi dan jejaring sosial akademik gratis yang dapat membantu Anda mengatur penelitian, berkolaborasi dengan orang lain secara online, dan menemukan penelitian terbaru.

Menurut dia, mendeley juga dapat membuat bibliografi secara otomatis, berkolaborasi dengan mudah dengan peneliti lain secara online, mengimpor makalah dengan mudah dari perangkat lunak penelitian lain, dan menemukan makalah yang relevan berdasarkan apa yang Anda baca.

Kemudian, mengakses makalah Anda dari mana saja secara online, membaca makalah saat bepergian, dan dengan aplikasi iOS dan Android. “Penerapan Mendeley pada artikel juga memudahkan penulis. Mendeley ini sangat mudah dan user friendly,” kata dia.

Sementara, Stefanus Rumangkit menerangkan Reference Management Software atau RMS. “RMS merupakan perangkat lunak yang dapat membantu penulis untuk menyimpan dan mengelola referensi, memberi highlight. anotasi, dan catatan penting,” ungkapnya.

Menurut dia, dengan RMS juga membuat kutipan serta daftar pustaka secara otomatis berganti gaya kutipan dengan mudah piranti riset bibliometrik. “Karena gratis. Zotero dan Mendeley menjadi RMS populer di Indonesia,” ujarnya.

Dengan RMS, lanjut dia, cari menggunakan keyword via search bar. Dosen Prodi Manajemen ini juga memberikan langkah-langkah instalasi Zotero. Selain itu juga cara membuat daftar pustaka otomatis di Zotero. “Dapat membuat daftar pustaka dengan sekejap dan kesalahan teknis menjadi minimal serta dapat mengganti gaya kutipan dengan sekali klik,” tuturnya.

Sebelumnya, IIB Darmajaya juga telah menggelar Pelatihan Menyiapkan Manuskrip untuk Publish Jurnal Bereputasi terhadap dosen dan mahasiswa, di Aula Lantai 3 Gedung Alfian Husin, Selasa (21/12/2021).

Kedua kegiatan tersebut juga didanai oleh bantuan pendanaan Program Penelitian Kebijakan Kampus Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Hasil Penelitian dan Purwarupa PTS yang diselenggarakan oleh Ditjen Diktiristek tahun anggaran 2021. (**)