oleh

Urus Surat Pindah Domisili Bayar Rp350 Ribu

Ngawi, Nenemonews (Jatim) – Biaya administrasi surat pindah domisili, warga Desa Mangunharjo dibebani biaya administrasi Rp350.000,00, hal itu dikatakan salah satu warga Dusun Krawut. Ia mengatakan, ada dua pilihan yaitu, apabila diurus dalam waktu seminggu tidak ada beban biaya (Gratis), dan kalau ingin surat itu langsung jadi biayanya Rp350 ribu.

“Kami pasrah saja asal surat perpindahan domisili cepat jadi, walaupun dengan membayar Rp350.000,00” ujar RN warga dsn Krawut Desa Mangunharjo kecamatan Ngawi kabupaten Ngawi.

Namun menurut Kepala Desa Mangunharjo hal tersebut tidak benar karena pihak desa tidak diperbolehkan menarik biaya untuk kepengurusan surat perpindahan domisili.

“Saya dari awal sudah memberi tahu kepada semua perangkat untuk tidak menarik biaya kepengurusan surat perpindahan, kami pihak desa menggratiskan biaya kepengurusan surat perpindahan domisili” terang Suprapto Kades Mangunharjo.

Pihak desa juga mengatakan bilamana memang ada biaya pemohon harus memiliki kwitansi atau bukti pembayaran, dan akan menindaklanjuti masalah tersebut.

“Saya akan tidaklanjuti masalah ini jika warga pemohon surat bisa menunjukan bukti kwitansi” kata Suprapto Kades Mangunharjo.

Perlu diketahui dalam Undang-undang Nomor 24 Tahun 2013 pada pasal 78 A menyatakan ‘Pengurusan dan penerbitan Dokumen Kependudukan (dokumen resmi yang diterbitkan oleh Instansi Pelaksana yang mempunyai kekuatan hukum sebagai alat bukti autentik yang dihasilkan dari pelayanan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil) tidak dipungut biaya”.(Yan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed