oleh

Tiga Dosen Kampus The Best ini Terbitkan Perdana Buku ‘Penjaminan Mutu Perangkat Lunak’

BANDAR LAMPUNG, Nenemonews – Tiga dosen Prodi Teknik Informatika Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menulis dan membuat buku ajar hibah tahun akademik 2020/2021 dengan judul ‘Penjaminan Mutu Perangkat Lunak’.

Adapun dosen tersebut Isnandar Agus, S.Pd., M.T.I.; TM Zaini, S. Kom., M. Kom.; dan M. Fauzan Azima, S.Kom., M.T.I. Buku terbitan DJ Press tersebut digarap ketiganya selama satu semester.

Isnandar Agus mengatakan buku ‘Penjaminan Mutu Perangkat Lunak’ merupakan buku pertamanya. “Sebelumnya sudah banyak modul yang ditulis, tetapi untuk buku ber-ISBN ini yang pertama,” ungkapnya.

Menurut dia, buku dengan tebal 135 halaman dan 7 bab tersebut juga merupakan yang pertama memuat pengujian (testing). “Kalau yang ada di pasaran buku berjudul Rekayasa Perangkat Lunak dan berbeda dengan buku ini karena Penjaminan Mutu Perangkat Lunak ini testing (pengujian) untuk project tentang perangkat lunak dan beberapa pengujian yang lain,” bebernya.

Ia berharap dengan terbitnya buku Penjaminan Mutu Perangkat Lunak dapat memudahkan mahasiswa belajar bagaimana melakukan testing perangkat lunak yang dibuat. “Dengan adanya buku ini juga menjadi salah satu panduan mereka (mahasiswa),” ujarnya.

Hal senada juga dikatakan TM Zaini bahwa buku yang ditulis bersama dua rekan dosen lainnya dapat menjadikan acuan untuk mengembangkan materi dalam buku lanjutan. “Bisa bermanfaat untuk mahasiswa terutama Prodi Teknik Informatika,” ungkapnya.

Sementara, M. Fauzan Azima mengatakan buku Penjaminan Mutu Perangkat Lunak merupakan buku pertamanya. “Selama ini telah banyak membuat modul, tapi untuk buku ini pertama ditulis bersama dengan dosen lainnya,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Lembaga Penjaminan Mutu IIB Darmajaya, Nursiyanto, S. Kom., M.T.I., mengatakan buku Penjaminan Mutu Perangkat Lunak merupakan hibah buku ajar tahun akademik 2020/2021 yang diterima Isnandar Agus. “Semoga buku karya dosen Prodi Teknik Informatika ini dapat dimanfaatkan dengan baik untuk pembelajaran mahasiswa dan menjadi acuan dosen,” ucapnya singkat. (**)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed