oleh

Mantap, Denda 1 Sak Semen Bagi Pembuang Sampah Sembarangan

Bungo, Nenemonews.com – Berdasarkan hasil kesepakatan warga RW. 09 yang terdiri dari RT. 25, RT. 31, RT. 32, RT. 33 dan RT. 39 Kelurahan Pasir Putih Kecamatan Rimbo Tengah Kabupaten Bungo Provinsi Jambi yang dilakukan pada hari Selasa malam tanggal 09 November 2021 lalu tercapai kesepakatan agar seluruh warga agar yang berada di wilayah RW.09 tidak boleh lagi membuang sampah di sepanjang jalan lorong merpati dan jalan poros dari samping kantor BPJS Bungo. Bahkan bukan itu saja, apabila ada yang membuang sampah sembarangan masih di wilayah RW.09 akan didenda 1 sak semen dan sampah akan dikembalikan ke rumah pembuang sampah tersebut.

Dan bukan hanya denda 1 sak semen saja, apabila ada warga yang tidak mau membayar denda akan diberikan sanksi sosial.

Hal ini diakui oleh Ketua RW. 09 Rafai, S. Pd saat diwawancarai media ini saat mengadakan gorong royong di sepanjang lorong merpati, Minggu (15/11/2021) siang.

“Iya kita sudah sepakat bahwa apabila ada warga yang membuang sampah sembarangan di sepanjang lorong merpati dan jalan poros masuk perumahan BTN Bungo Makmur bahkan masih di wilayah RW. 09, maka warga tersebut akan didenda 1 sak semen dan juga sanksi sosial bila tidak mau membayar denda,” kata Rafai didampingi Ketua RT. 25 Samiaji (Mbah Joyo), Ketua RT. 31 M. Subhan, Ketua RT. 32 Dedi Irawan dan Ketua RT. 39 Bujang Jakfar, S. Sos.

Adanya kesepakatan ini berdasarkan adanya permintaan pemilik tanah yang bernama Bapak Lukman serta keluhan warga yang semakin meresahkan ketika mau lewat dari bak sampah ini,” terang Rafai.

Selain itu kita juga bila mau ke mesjid sangat risih melewati sepanjang jalan dekat bak sampah yang becek dan bau dan belum lagi sampah yang berserakan di sepanjang jalan karena warga yang tidak mau membuang sampah ke bak penampungan,” imbuhnya lagi.

Maka untuk solusi dari hasil rapat maka warga disarankan untuk membuang sampah di TPS depan Kantor Pajak, di Pal 2 atau di jalan Damar,” pungkas Rafai.

Dan kita sudah membuat spanduk serta memberikan sosialisasi kepada warga melalui Ketua RT masing masing sehingga dengan telah disampaikannya informasi ini, maka warga RW. 09 tidak ada alasan lagi tidak mengetahui edaran tersebut,” tukasnya.

Dengan dihancurkannya bak sampah ini semoga kita semua sadar agar tidak lagi membuang sampah sembarangan dan dibuanglah di TPS yang telah disediakan oleh pemerintah,” tutup Rafai. (N30)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed