oleh

Puskesmas Kuamang Kuning X Dusun Mulya Bakti Vaksinasi Capai 60 Persen

Bungo, Nenemonews.com (Jambi) – Kepala Puskesmas Kuamang Kuning X Viktor Siregar, SKM melalui Tim Vaksinasi Puskesmas Basuki, A. M Kep didampingi Sunaryo, S. Pd mengatakan bahwa program vaksinasi secara keseluruhan di wilayah mereka sudah mencapai 60 persen.

Hal ini disampaikan Basuki dan Sunaryo saat ditemui media ini di ruang TU Puskesmas Kuamang Kuning X Mulya Bakti Kecamatan Pelepat, Sabtu (06/11/2021).

Untuk pelaksanaan vaksinasi jadwal tetapnya kami lakukan pada setiap hari Jum’at dan Sabtu, namun kalau ada yang datang ke Puskesmas untuk setiap hari vaksinasi tetap kami layani,” kata Basuki.

Hingga saat ini kami juga tetap melakukan kerjasama dengan TNI dan Polri untuk percepatan program vaksinasi seperti yang dianjurkan oleh Pemerintah Pusat,” terang Basuki lagi.

Secara terperinci pelaksanaan vaksinasi tersebut terdiri dari ibu hamil untuk dosis 1 berjumlah 42 orang dan dosis 2 sebanyak 22 orang. Hingga saat ini untuk ibu hamil tidak ada kendala dan bila sudah 3 bulan usia kandungannya sudah bisa melakukan vaksinasi,” tambahnya lagi.

Harapan kami dengan adanya program vaksinasi ini dapat mempercepat kekebalan tubuh warganya sehingga penyebaran covid-19 semakin kecil, apalagi wilayah Kuamang Kuning ini termasuk warga yang sering keluar ke daerah sehingga kita tekankan agar mereka mau melakukan vaksin dengan cara persuasif.

Disampaikan Basuki, sekedar Himbauan untuk Ibu Hamil :

Vaksinasi covid-19 bagi Ibu Hamil sudah diizinkan melalui Kemenkes. Vaksinasi bagi Ibu Hamil (Bumil). Setiap mau di vaksinkan terlebih dahulu akan di screaning.

Bumil diharapkan bisa meminimalisir resiko gejala berat dosis pertama akan diberikan pada trimester kedua kehamilan pemberian dosis kedua dilakukan sesuai dengan interval dari jenis vaksin.

Adapun Syarat Vaksinasi Covid-19 untuk Bumil :

-Suhu Dibawah 37,5°C

-Usia Kehamilan Di atas 3 Bulan ( Trimester Kedua )

-Tensi Darah Di bawah 140/90 mmhg

-Tidak Memiliki Tanda Preeklamsia

Tidak Memiliki Riwayat Alergi Berat

-Tidak Punya Penyakit Penyerta (Komorbid)

-Tidak Memiliki Penyakit Autoimun

-Tidak Sedang Mendapat Pengobatan Untuk Gangguan Pembekuan Darah, Kelainan Darah Defisiensi Imun dan Bukan Penerima Transfusi

-Tidak sedang mengkonsumsi obat yang memiliki sifat Imunosupresif

-Tidak Terkonfirmasi Positif Covid – 19 dalam 3 Bulan Terakhir. (N30)