oleh

Forkopimda Tulungagung Dampingi Kunker Menteri KKP di Pantai Sine

Tulungagung, Nenemonews – Komandan Kodim 0807/Tulungagung Letkol Inf Yoki Malinton Kurniafari, S.H., M.Tr (Han)., M.I.Pol bersama Forkopimda Tulungagung mendampingi Bupati Tulungagung Drs. Maryoto Birowo, M.M dalam kegiatan kunjungan kerja Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Sakti Wahyu Trenggono di Pantai Sine Desa Kalibatur Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung Jawa Timur, Selasa (19/10/2021).

Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Sakti Wahyu Trenggono, berjanji segera membangun dermaga di Pantai Sine. Selain itu, Trenggono juga akan melengkapi fasilitas dermaga perikanan ini dengan pabrik es batu, cold storage dan Stasiun Pengisian Bahan Umum (SPBU).

“Alasannya kenapa dibangun di Sine, karena di sini tidak ada fasilitasnya. Supaya nanti nelayan mudah menurunkan hasil tangkapannya,” terang Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia.

Lanjutnya, selama ini perahu nelayan tidak bisa sandar ke pantai karena tidak adanya dermaga. SPBU juga vital agar para nelayan tidak harus membawa jeriken mencari bahan bakar keluar dari wilayah Sine. Empat proyek fisik ini akan mulai dikerjakan awal 2022 dengan dana dari APBN.

“Jika selesai di akhir 2022 akan langsung difungsikan di tahun itu juga,” sambung Trenggono.

Diharapkan fasilitas nelayan di Pantai Sine akan mengangkat ekonomi warga. Sine adalah salah satu kampung nelayan yang diberdayakan KKP. Ada banyak kampung nelayan yang diberdayakan, mulai dari Aceh hingga NTT.

“Dari Aceh sampai Kupang kami sebut dengan wilayah pengelolaan zona 4. Nanti akan kita kembangkan kampung-kampung nelayan seperti ini (di Sine),” ujar Trenggono.

Sementara Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Anggia Ermarini yang juga hadir dalam kunjungan ini, mengatakan jika dermaga adalah kebutuhan mendesak. Sebab selama ini tidak ada perahu nelayan yang bisa mendarat di pantai. Untuk bongkar ikan hasil tangkapan, mereka sering harus ke dermaga perikanan di Pantai Popoh di Kecamatan Besuki.

“Kalau tidak mereka memindahkan hasil tangkapan ke kapal-kapal kecil, lalu dibawa ke pantai,” ungkap Anggia.

Anggia menambahkan, pembangunan dermaga ini akan sangat membantu para nelayan. Dirinya yakin warga Tulungagung dan Sine pada khususnya sangat senang jika dermaga itu bisa direalisasikan. Apalagi nantinya ada berbagai fasilitas pendukung, mulai dari SPBU, cold storage dan pabrik es batu untuk mengawetkan ikan hasil tangkapan.

News Feed