oleh

DPRD Gelar Rapat Paripurna HUT ke-22 Kabupaten Tebo

Tebo, Nenemonews.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menggelar Rapat Paripurna memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Tebo yang ke-22, Senin (18/10/2021).

Rapat Paripurna ini dilaksanakan di Ruang Rapat Utama DPRD Kabupaten Tebo yang langsung dipimpin oleh Ketua DPRD Tebo Mazlan, S.Kom didampingi Wakil Ketua I Syamsu Rizal, SE dan Wakil Ketua II Aivandri. AB.

Tampak hadir pada acara ini selain Ketua dan Wakil Ketua DPRD Tebo, juga tampak Gubernur Jambi Dr. H Al Haris, S. Sos, MH, Deputi Kementerian Bidang BPJS Ketenagakerjaan, Anggota DPR RI Komisi IX Hj Tsaniatul Lativa Sukandar, para Pejabat dari Pemprov Jambi, Bupati/Walikota se-provinsi Jambi atau yang mewakili, unsur Forkopimda Tebo, Sekda Tebo, Asisten, Staf Ahli, pimpinan Badan/Kakan, Dinas vertikal, Kepala OPD, Kabag, Kabid, Camat di lingkup Pemkab Tebo, Kades, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Pemuda, para wartawan serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya sekaligus membuka rapat paripurna, Ketua DPRD Tebo Mazlan terlebih dahulu menyampaikan ucapan selamat ulang tahun Kabupaten Tebo yang ke-22 dilanjutkan dengan pembacaan sejarah berdirinya Kabupaten Tebo.

“Dirgahayu Kabupaten Tebo ke-22, semoga visi dan misi Kabupaten Tebo Tuntas dapat tercapai,” kata Mazlan.

Selanjutnya Mazlan juga menyampaikan berbagai capaian Kabupaten Tebo dalam tingkat nasional seperti WTP dari BPK RI, Penghargaan Eka Praya dari Kementerian P3 A RI, dan prestasi dari siswa maupun putra putri Kabupaten Tebo yang mengharumkan nama Kabupaten Tebo.

Usai penyampaian Ketua DPRD Tebo dilanjutkan dengan sambutan serta penyampaian RAPBD Kabupaten Tebo Tahun Anggaran 2022 oleh Bupati Tebo Dr. H. Sukandar, S. Kom, M. Si.

Dalam penyampaian tersebut Bupati Tebo H Sukandar menyampaikan berbagai program yang telah dilaksanakan dan juga berbagai kendala yang belum terealisasi. Begitu juga dengan kondisi jalan nasional di beberapa titik yang ada di Kabupaten Tebo, Bupati berharap agar Pemerintah Provinsi Jambi dapat memberikan perhatian. Hal ini disampaikan Bupati Tebo langsung kepada Gubernur Jambi.

“Ada beberapa titik jalan nasional yang sangat butuh perhatian dari Pemerintah Provinsi Jambi seperti jalan padang lamo, jalan dari Simpang Niam Lubuk Mandarsah menuju Lubuk Kambing,” kata Sukandar.

Sedangkan jalan dari Betung Bedaro menuju Kuamang Kuning Muara Bungo dan menuju Bangko masih tetap kami harapkan,” tutur Sukandar.

Di tempat yang sama Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, dalam sambutannya mengatakan bahwa momentum peringatan hari jadi Kabupaten Tebo ini, dirinya mengajak semua untuk mengevaluasi perjalanan proses pembanguan Kabupaten Tebo dan juga menjadikan bahan evaluasi dalam melakukan pembenahan pembenahan demi kemajuan daerah.

“Sejak awal pemekaran terbentuknya Kabupaten Tebo hingga saat ini tentu saja sudah melewati berbagai tantangan dan hambatan. Proses dinamika tersebut perlu kita apresiasi namun bukan untuk berpuas diri. Membangun daerah demi kesejahteraan masyarakat merupakan bagian dari proses yang harus dijalani.

“Berkaitan dengan penyelenggaran pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan, kami mengapresiasi berbagai capaian pembangunan di Kabupaten Tebo. Tentunya dengan capaian-capaian tersebut menjadi pemicu bagi Pemerintah dan DPRD Kabupaten Tebo serta semua pemangku kepentingan dalam memaksimalkan segala potensi yang dimiliki Kabupaten Tebo sehingga nantinya memberikan dampak terhadap kesejahteraan masyarakatnya yang kita cintai ini,” pungkas Al Haris.

“Kita juga memahami bahwa semua daerah pasti menghadapi berbagai keterbatasan, termasuk keterbatasan anggaran yang sangat mempengaruhi pembangunan. Namun hal ini bukan menjadi penghalang bagi kita dalam meningkatkan kinerja yang menghasilkan output. Dan, saya yakin para pemangku kepentingan di Kabupaten Tebo akan mampu membangun sinergitas dan efektivitas dalam mendorong pembangunan Kabupaten Tebo, tentunya dengan dukungan dari Provinsi Jambi,” jelasnya.

Gubernur Jambi mengatakan fokus Pemerintah Provinsi Jambi ke depan yakni membenahi kualitas SDM.

“Kita berbicara Pembangunan Jambi ke depan, Jambi ini sangat strategis posisinya karena berada di tengah tengah pulau Sumatera. Akan tetapi Jambi kalah cepat pembangunan dari provinsi yang lain karena SDM kita masih kalah jauh. Ke depan ini menjadi fokus kita dalam Visi Misi Jambi Mantap yaitu memantapkan Sumber Daya Manusianya,” terang Al Haris.

“Sebagai salah satu upaya kita yaitu dengan memberikan bantuan Beasiswa S1 untuk masyarakat miskin sehingga selesai SMA mereka bisa melanjutkan ke jenjang perkuliahan. Yang kedua, kita akan memberikan bantuan Beasiswa (S3) Doktor untuk dosen dosen kita nanti akan kita kuliahkan sampai S3 baik di dalam maupun di luar negeri. Kemudian untuk Guru Ngaji nanti kita adakan program lift skill bagi guru ngaji agar ke depannya selain bisa khutbah dan hafalan mereka juga bisa komputer dan keterampilan lainnya,” jelas Al Haris lagi.

Pemerintah Provinsi Jambi juga menyiapkan program Usaha Kreatif Mak Mak (UKMM) agar Mak- Mak kita yang kesulitan ekonomi bisa terbantu dengan adanya bantuan tersebut dan diharapkan dapat meningkatkan ekonomi keluarganya. Selain itu kita ke depan akan menghadapi bonus demografi bagi anak-anak milenial kita, peluang pekerjaan tersebut terbuka lebar mestinya kita akan siapkan untuk mereka nanti dengan Program Usaha Kreatif Milenial.

“Tebo akan mampu meneruskan pembangunan ke depannya, artinya apakah Tebo ini secara pertaniannya bagus sehingga ketika covid-19 berlangsung Tebo ini aman. Dan saya berharap ke depan dari 11 daerah yang terdiri dari 9 Kabupaten 2 Kotamadya, kita berharap setiap daerah itu dibangun secara merata dan berkeadilan. Apalagi hari ini kita lihat banyak jalan provinsi di daerah banyak yang rusak, tugas kita bagaimana memastikan bahwa infrastruktur jalan di Jambi ini sudah mulai baik ke depan karena rakyat Jambi menikmati jalan itu adalah hak mereka,” tambah Al Haris lagi.

Dengan kondisi hari ini kita berharap di Tebo sudah banyak jalan Provinsi yang bagus dan melalui momen HUT ini akan mensupport semua kebijakan dari Pemkab Tebo Tuntas dapat tercapai,” tutup Al Haris.

Acara dilanjutkan dengan poto bersama dan diakhiri dengan ramah tamah di tempat yang telah disediakan. (N30)

News Feed