oleh

Emak-emak Petahunan Banyumas Belajar Jarimatika Dengan Babinsa

BANYUMAS, Nenemonews (Jateng) – Tak mau ketinggalan dengan Serma Kowad Iska, Babinsa wanita Koramil 15 Pekuncen, Kodim 0701 Banyumas, yang eksis memberikan motivasi belajar kepada anak-anak, termasuk di desa binaannya, Desa Petahunan, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas, Serka Eko Budi Wiyono, Babinsa Petahunan, Koramil 15 Pekuncen, juga memberikan motivasi belajar berhitung dengan metode jarimatika.

Tampak dirinya mengumpulkan ibu-ibu RT. 04 RW. 01, Dusun/Desa petahunan Petahunan, yang kurang pandai perkalian bilangan namun piawai kalau soal uang. Sabtu (1/7/2020).

“Ya yang namanya orang desa di pegunungan terkadang pendidikannya masih rendah karena menikah usia dini,” ujarnya.

Menurutnya, apa yang dilakukannya dengan harapan agar kedepannya ibu-ibu lancar dalam mengalikan bilangan satu angka, yaitu antara 6 sampai 9.

“Jarimatika adalah suatu cara berhitung menggunakan sepuluh jari tangan untuk kecepatan dalam menghitung perkalian bilangan asli,” imbuhnya.

Namun kelemahan metode yang sangat praktis dan efisien ini adalah tidak bisa untuk perkalian satu angka dengan dua angka, misalnya 12 x 7. Hal ini dikarenakan jumlah jari tangan terbatas, sehingga operasi matematika yang bisa diselesaikan juga terbatas.

“Bagi saya sendiri, dapat berguna bagi warga setempat demi kemajuan dunia pendidikan adalah suatu kepuasan batin,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Serma Kowad Iska sebelumnya ditugaskan Dandim Banyumas selaku Dansatgas TMMD Reguler 108 Banyumas, Letkol Infanteri Candra, SE, M.I.Pol, untuk memperkuat Satgas TMMD membangun non fisik TMMD, yaitu penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat Petahunan di segala aspek. (Aan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed