Nenemenews.com

Informatif dan Berimbang

Mensos Idrus Marham Buka Gebyar Prestasi Keluarga Sejahtera Indonesia

Mensos Idrus Marham Buka Gebyar Prestasi Keluarga Sejahtera Indonesia

JAKARTA, Nenemonews – Menteri Sosial RI Idrus Marham secara resmi membuka kegiatan Gebyar Prestasi Keluarga Sejahtera Indonesia, di Bumi Perkemahan dan Garaha Wisata Lapangan Utama Cibubur, Jakarta Timur, minggu (12/8/2018)

Kegiatan tersebut diikuti 6.000 peserta dari perwakilan 34 Provinsi se-Indonesia, yang terdiri dari 2.500 anak KPM berprestasi, 1.500 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Sejahtera Mandiri, serta 2.000 SDM Pelaksana PKH, dan relawan sosial lainnya.

Menteri Sosial Idrus Marham meminta Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) mengawal pelaksanaan bantuan sosial nontunai ini berjalan efektif sehingga tujuan program untuk menekan angka kemiskinan dapat tercapai.

“Program PKH dapat berjalan efektif adalah karena adanya Pendamping PKH. Maka penting saya tekankan bahwa Pendamping PKH harus bekerja dengan hati, ikhlas, tulus, jujur, profesional dan memiliki target. Targetnya adalah bagaimana mendorong Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH mandiri dan kelak mampu mandiri dan angka kemiskinan dapat ditekan lebih rendah lagi,” katanya

Melalui kegiatan ini, kami mendorong lahirnya tradisi berprestasi keluarga PKH untuk meningkatkan produktifitas dan kualitas keluarga PKH, yang pada akhirnya berdampak pada angka penurunan angka kemiskinan di Indonesia, pungkas Idrus.

Sementara Ketua Pelaksana PKH Provinsi Lampung Maria Tamtina yang hadir dalam kegiatan tersebut, mewakili Kadis Sosial menyatakan bersyukur bahwa Provinsi Lampung tahun ini dapat mengirimkan delegasi enam anak PKH berprestasi dan dua KPM sejahtera mandiri.

Tentu ini juga menandakan bahwa implementasi PKH di Provinsi Lampung sejak 2017 sampai dengan saat ini juga memberikan dampak positif bagi masyarakat Lampung.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap implementasi PKH di Lampung lebih baik lagi kedepan. Lebih banyak lagi anak PKH berprestasi, anak PKH lulus bidik misi, serta lebih banyak lagi KPM yang menjadi sejahtera mandiri.” Kata Maria.

Ditambahkan oleh Maria yang paling menonjol prestasi anak KPM PKH di Provinsi Lampung adalah diterimanya anak PKH dalam program bidik misi. Pada tahun 2017 sebanyak 38 orang sedangkan pada tahun ini meningkat menjadi 55 orang. Disamping itu juga prestasi dibidang akademik dan agama lainnya. Peserta yang menyatakan telah mandiri juga semakin meningkat dari tahun ke tahunnya. Sebagai contoh peserta PKH yang mendiri dari Kabupaten Lampung Selatan yahun ini sebanyak 201 KPM. pungkasnya.

Lebih lanjut Koordinator Wilayah PKH Provinsi Lampung Slamet Riyadi menjelaskan kegiatan Gebyar Prestasi terbagi dalam sembilan panggung yaitu Planet Gerak (prestasi olahraga), Planet Ilmu (prestasi akademik), Planet Hati (prestasi keagamaan), Planet Seni (prestasi seni dan budaya), Planet Unik (prestasi unik), Planet Kreatif (produk ekonomi kreatif), Planet Dolanan (permainan tradisional), Planet Ceria (permainan anak-anak), dan Planet Kuliner (aneka produk KUBE). Pembagian panggung tersebut sesuai dengan cabang prestasi yang dimiliki oleh anak-anak PKH, pungkas Slamet.
Sedangkan delapan delegasi asal Lampung tersebut secara rinci terbagi dalam planet hati dua anak PKH, planet gerak 3 anak, planet seni 1 anak dan planet kreatif 2 KPM. Alhamdulilah kami amati kegiatan tersebut berjalan sukses dan lancar, pungkas Slamet. (Ppid-dinsos)

2,587 kali dilihat, 4 kali dilihat hari ini

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan