Nenemenews.com

Informatif dan Berimbang

Dinkes Way Kanan Gelar Pelatihan Sistem Informasi Kesehatan Daerah

Dinkes Way Kanan  Gelar  Pelatihan Sistem Informasi Kesehatan Daerah

WAY KANAN, Nenemonews (Lampung) – 19 Operator Komputer Dan 19 Kepala Sub Bagian Perencanaan Unit Pelaksana Teknis Puskesmas Sekabupaten Way Kanan mengikuti Pelatihan sistem informasi kesehatan daerah (sikda) Generik Kabupaten Way Kanan Tahun 2018, Senin (23/04/2018)

Kegiatan yang berlangsung di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Way Kanan itu merupakan prakarsa dinas kesehatan Kabupaten ini dengan nara sumber Dari Pusat Data dan Informasi Kementerian kesehatan Republik Indonesia .

Menyampaikan Sambutan tertulis Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H., M.M, Asisten Bidang pemerintahan dan kesejahteraan Rakyat, Drs.H.Abukori mengatakan, Sistem Informasi Kesehatan (SIK) merupakan sarana penghubung aliran data kesehatan antara Kabupaten, Provinsi dengan Pusat. Pengolahan data-data kesehatan perlu di atur sebaik mungkin,agar data – data tersebut dapat terintegrasi secara menyeluruh dari level kabupaten, provinsi hingga pusat.

Abu Kori menjelaskan Sistem Informasi Kesehatan ditujukan agar mempermudah para pengumpul data yang ada di daerah dalam melakukan rekapitulasi data dan melakukan pelaporan secara terpadu

“Dengan adanya Pelatihan Sistem Informasi Kesehatan Daerah (SIKDA) Generik ini, Puskesmas akan mempermudah dalam melakukan pengolahan dan pelaporan data yang dapat dilakukan melalui satu pintu dengan aplikasi SIKDA Generik, dengan demikian akan membuat masyarakat tidak buta dengan semua permasalahan kesehatan, dan bersedia membawa keluarganya berobat dengan mudah,”Harapnya

Ditempat yang sama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan, dr.Hj. Farida Aryani, M.Kes., M.M dalam laporannya mengatakan, sumber data departemen kesehatan republik indonesia tahun 1997 tentang pedoman sistem informasi managemen puskesmas, system pecatatan dan pelaporan puskesmas merupan instrument vital dalam sistem kesehatan.

Dikatakannya berbagai informasi kesehatan yang didapat dari hasil pencatatan dan pelaporan berguna bagi pengambil kebijakan dan keputusan pihat terkait .

“Pencatatan dan pelaporan merupakan tolak ukur dari keberhasilan sebuah program, pencatatan dan pelaporan serta informasi merupakan unsur terpenting dalam operasional sebuah kegiatan,”tegas Farida Aryani.(kominfo)

3,655 kali dilihat, 8 kali dilihat hari ini

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan